25 Desember 2018

Rencana Liburan Keluarga Ke Kota Jogja Januari 2019 Edisi Persiapan 1

Gak terasa ya sebentar lagi kita akan segera mengakhiri tahun 2018 ini. saya harap, kita semua bisa Happy Ending di penghujung tahun 2018. saatnya kita menganalisa semua resolusi yang pernah kita ucapkan di awal tahun 2018. sudah berapa persen pencapaian resolusi tersebut, apa kendala yang di hadapi serta bagaimana tindak lanjut nanti di 2019, semua itu perlu di fikirkan dan di renungkan dengan sangat matang. sekali lagi, agar dalam melangkah di tahun 2019 tetap sesuai rencana dan dalam rangka menggapai kesuksesan.

Sudah menjadi tradisi di tahun baru pasti banyak orang akan mengawalinya dengan kegiatan liburan keluarga. istilah lainnya piknik keluarga. saya pun begitu. istri saya sudah mengajukan proposal liburan awal tahun 2019. dan karena saya sangat sayang kepada istri serta keluarga saya, proposal pengajuan liburan istri saya segera saya paraf dan saya approve 100 persen. istri saya ngajak liburan ke Jogja. jogjakarta, kota dengan segala potensi wisata alam, kuliner, budaya serta urban traveling yang bikin saya selalu kangen pengen ke sana.
Jogja di mata saya sebagai seorang traveling adalah kota yang bernuasa Magis. ada kekuatan yang menyelimuti kota ini. candi prambanan yang berjarak sekitar 15 KM dari pusat kota jogja juga saya lihat memancarkan sinar berwarna biru saat di terpa sang surya. saya pernah melewati senja di kota jogja dalam temaram dan romantisnya musisi jalanan.

Jogja dalam hidup saya memberi warna tersendiri. keramahan, kesederhanaan, keakraban serta denyut kota yang penuh rasa syukur dari para penduduknya mengajarkan kepada saya tradisi jawa yang sebenarnya. setiap traveling ke kota jogja, saya selalu menitikkan air mata. entah mengapa, selalu ada rasa rindu meskipun masih belum ingin menetap lama di kota jogja. kota tempat kelahiran ibu kandung saya yang sangat saya cintai.

Baca : Mengunjungi Tempat Wisata Jogja Terbaru Dan Terpopuler 2018 Bersama TripJogja

Jogja dalam pendapat saya adalah kota istimewa. kota yang dulu pernah memiliki Tagline "Jogja Never Ending Asia" merupakan peleburan dari Negara kesultanan yogyakarta dan Negara kadipaten Paku Alaman. Kota Jogja yang terletak di selatan pulau jawa ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. meskipun Kota Jogja secara geografis hanya setingkat provinsi, namun kota jogja sangat terkenal di tingkat nasional dan internasional terutama sebagai destinasi wisata paling populer setelah pulau bali.

Kota Jogja yang pernah porak poranda saat bencana alam gempa bumi pada 27 mei 2006, bahkan erupsi gunung merapi sepanjang bulan oktober sampai november 2010 sempat membuat kota ini gelap oleh hujan debu. namun faktanya, tidak pernah ada orang yang berusaha meninggalkan kota jogja. cinta warga kota jogja terhadap tanah airnya sungguh luar biasa. seperti halnya saya yang meskipun tidak terlahir di kota ini, sungguh saya mencintai dan mengagumi kota jogja seperti halnya saya mencintai indonesia.

Baca : Menikmati Sajian Kuliner Nasi Kucing Lauk Ceker Di Warung Angkringan Jogja Solo Kota Kendari

Kembali lagi ke topik pembahasan mengenai persiapan rencana liburan keluarga ke Kota Jogja Januari 2019. rencana pertama yang sedang saya bahas bersama istri saya tentunya menyangkut transportasi dan akomodasi. sekali lagi rencana liburan itu penting banget. apalagi yang menyangkut soal dana, tentunya harus terperinci agar tidak over budget. banyak orang yang setelah liburan malah pusing dan sedih karena biaya yang di keluarkan tidak terkontrol dan over budget. tujuan liburan khan untuk senang-senang dan refreshing. kalau setelah liburan malah stress mikirin uang yang terpakai, mending gak usah liburan aja. gak ada faedahnya atau istilah masa kini Unfaedah.

Topik pembahasan kali ini antara saya dan istri saya kita membicarakan soal biaya. kita sepakat menetapkan biaya sebesar 2 juta untuk liburan ke Kota Jogja selama 3 hari. dengan estimasi keberangkatan awal dari Kota Tasikmalaya tempat kami tinggal. tadinya kami berencana naik Motor Matic Honda Scoopy dengan membawa 2 orang anak kami. namun setelah menimbang banyak hal terutama faktor keselamatan, akhirnya kami memutuskan untuk naik kereta saja dari Stasiun Kereta Kota Tasikmalaya.

 Baca : Menikmati Kuliner Martabak Ramayana Tasikmalaya Yang Luar Biasa Lezatnya

Berikut rincian biaya liburan keluarga ke Kota Jogja dengan estimasi keberangkatan dari Stasiun Kereta Kota Tasikmalaya, jumlah keluarga 4 orang terdiri dari saya, istri saya dan kedua anak saya serta lama liburan di Kota Jogja selama 3 hari 3 malam :

  1. Durasi liburan 3 hari 3 malam mulai 5 s/d 8 januari 2018
  2. Estimasi biaya liburan : Rp. 2.000.000
  3. Kereta Tasik - Jogja : Rp. 359.500 (2 dewasa 2 Anak Balita)
  4. Kereta Jogja - Tasik : Rp. 359.500 (2 Dewasa 2 Anak Balita)
  5. Biaya menginap di hotel : Rp. 450.000 (Estimasi Rp. 150.000 Permalam)
  6. Biaya makan dan jajan : Rp. 831.000 (Estimasi tanpa belanja
  7. Sisa dana : 0
  8. Kurang dana :0
Dari rincian biaya liburan tersebut di atas, untuk poin 3 dan 4 clear karena tiket kereta sudah saya beli jauh-jauh hari dari aplikasi tokopedia. saya membeli tiket kereta jauh-jauh hari karena antisipasi kehabisan tiket kereta. hal ini di sebabkan Kota Jogja merupakan destinasi populer serta kereta api saat ini sudah menjadi sarana transportasi yang lebih di pilih oleh para traveling ketimbang naik bus. apalagi tiket kereta api sudah bisa di pesan di mana-mana baik secara offline maupun online. sehingga potensi kehabisan tiket kereta sangat tinggi, solusinya pesanlah dari jauh-jauh hari.

Baca : Pengalaman Naik Kereta Serayu Dari Stasiun Tasikmalaya Menuju Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat

Untuk poin 5 tentunya masih sebatas estimasi ya. rencana di Kota Jogja kami akan menginap di Hotel Airy Rooms. karena kebetulan saya mendapatkan voucher diskon potongan harga menginap di Hotel Airy Rooms sebesar 50 persen dari Google Local Guides. ada juga rencana akan menginap di hotel OYO Rooms karena saya memiliki bonus kredit Rp. 250.000 pembahasan mengenai Hotel OYO Rooms yang merupakan operator hotel baru sejenis Airy Rooms yang baru saja ekspansi ke indonesia. OYO Rooms berasal dari india, akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Baca : Hadiah Diskon 50 Persen Menginap Di Airy Rooms Hotel Bandung Dari Program Google Local Guides

Untuk poin 6 juga sangat rentan over budget karena biaya sebesar Rp. 831.000 itu harus mengcover makan, minum, biaya transportasi termasuk belanja souvenir.

Saya sengaja menghadirkan poin 8 yaitu post kurang dana pada rincian biaya liburan keluarga ke kota jogja karena kurang dana biasanya pasti terjadi. istilah lain adalah dana cadangan. untuk poin ke 8 estimasi kurang dana saya tetapkan maksimal Rp.1000.000 sehingga jelas. sisa boleh lebih jangan.

Pada rencana liburan keluarga ke Kota Jogja januari 2019 ini edisi persiapan 1 kami baru membahas soal rincian biaya. untuk persiapan 2 tentunya masih ada yang harus di perbincangkan terkait persiapan lainnya dan akan saya posting pada artikel berikutnya.

Sekedar informasi bahwa sudah seharusnya dalam setiap perjalanan wisata baik Solo Traveler, Backpacker maupun Liburan Keluarga harus memiliki rencana dan persiapan yang matang. ini terkait dengan besaran biaya. sekali lagi, agar setelah liburan tidak sedih dan pusing memikirkan banyaknya biaya yang terpakai namun tidak jelas arahnya kemana aliran dana tersebut.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon