22 Januari 2019

Pengalaman Naik Kereta Api Pasundan Dari Stasiun Tasikmalaya Ke Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

Sarana transportasi kereta api saat ini telah menjadi angkutan umum jarak jauh favorit masyarakat. gebrakan yang luar biasa dari pihak kereta api indonesia dengan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan serta kenyamanan penumpang memang sangat luar biasa. masa lalu kereta api adalah transportasi yang menurut saya sangat mengerikan dan horor. di atas gerbong yang berjalan, campur aduk antara penumpang, pedagang asongan, pengamen hingga preman. di tambah lagi dengan sistem penjualan tiket yang bebas lepas serta bergentayangan calo di stasiun semakin menambah kengerian saat traveling.
Namun kini, Kereta Api Indonesia sudah menjadi transportasi umum jarak jauh yang luar biasa nyaman dan andalan saya saat melakukan traveling ke destinasi yang bisa di jangkau oleh rute kereta api indonesia.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saat menumpang Kereta Api Pasundan dalam perjalanan saya dari Kota Tasikmalaya menuju Kota Yogyakarta bersama keluarga saat liburan tahun baru 2019.

Kereta Api Pasundan merupakan kereta api kelas ekonomi AC dengan rute awal dari kota bandung yaitu dari Stasiun Kiaracondong menuju Kota Surabaya yaitu Stasiun Gubeng. dalam perjalanannya Kereta Api Pasundan melintasi beberapa Stasiun yaitu :
  1. Stasiun Cibatu
  2. Stasiun Cipeundey
  3. Stasiun Tasikmalaya
  4. Stasiun Ciamis
  5. Stasiun Banjar
  6. Stasiun Sidareja
  7. Stasiun Maos
  8. Stasiun Kroya
  9. Stasiun Gombong
  10. Stasiun Kutoarjo
  11. Stasiun Wates
  12. Stasiun Lempuyangan
  13. Stasiun Klaten 
  14. Stasiun Purwosari
  15. Stasiun Sragen
  16. Stasiun Walikukun
  17. Stasiun Paron
  18. Stasiun Madiun
  19. Stasiun Caruban
  20. Stasiun Nganjuk
  21. Stasiun Jombang
  22. Stasiun Mojokerto
  23. Stasiun Wonokromo
  24. Stasiun Gubeng
Informasi rute perjalanan ini saya ambil dari situs Wikipedia Kereta Api Pasundan
Kereta Api Pasundan melintasi Stasiun Tasikmalaya dengan waktu kedatangan pada pukul 08.42 wib dengan waktu estimasi sampai di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta pada pukul 14.25 wib.
Saya membeli tiket Kereta Api Pasundan dari aplikasi tokopedia, karena ada program Cashback yang cukup lumayan dengan melakukan pembayaran menggunakan OVO. selama ini saya memang selalu bertransaksi tiket kereta api hanya di tokopedia karena harga promo selalu lebih murah di bandingkan aplikasi lain. saya sarankan juga bagi anda yang ingin traveling menggunakan transportasi Kereta Api sebaiknya memang membeli lewat aplikasi online. selain harga lebih murah karena ada promo, bebas antrian dan yang paling penting bisa menentukan sendiri tempat duduk anda. ini sangat penting terutama jika anda traveling bersama keluarga, jangan sampai tidak memilih tempat duduk maka sistem akan menentukan tempat duduk anda secara acak sehingga bisa jadi anda akan terpisah tempat duduk dari keluarga anda. saya sering menyaksikan beberapa penumpang kereta api duduk tidak sesuai dengan nomor tempat duduk mereka dengan alasan satu keluarga, dan hal ini sangat
mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Waktu kedatangan dan keberangkatan Kereta Api Pasundan di Stasiun Tasikmalaya sangat tepat waktu. dan sistem menumpang Kereta Api memang sudah sangat rapih dan maju. saat di Stasiun maka di berlakukan sistem Checkin seperti ketika akan naik pesawat. sehingga yang ada di ruang tunggu memang hanya penumpang yang akan berangkat sesuai jadwal keberangkatan. sehingga tidak lagi semrawut seperti masa lalu.
Suasana di dalam Kereta Api Pasundan juga sangat nyaman. penumpang duduk sesuai dengan nomor bangku yang tertera pada tiket masing-masing. memang terkadang masih saja ada yang berusaha menukar tempat duduk dengan berbagai macam alasan, namun semakin hari penumpang seperti ini sudah semakin berkurang. untuk fasilitas pendukung terdapat charger ponsel di setiap tempat duduk, AC yang sejuk pada setiap gerbong dan layanan kebersihan serta keamanan. meskipun pedagang asongan sudah tidak ada lagi di dalam gerbong namun pihak Kereta Api tetap menyediakan penjualan aneka makanan berat, minuman serta makanan ringan secara keliling oleh Pramugara dan Pramugari yang ramah. sungguh luar biasa dan menjadikan perjalanan kian menyenangkan serta aman. para penumpang juga sibuk bercerita, bersenda gurau, asyik berfoto dan melakukan charging ponsel mereka. beberapa peumpang juga biasanya membawa bekal masing-masing. dengan adanya perombakan total, tiap gerbong kereta api menjadi lebih bersih. meskipun kelas ekonomi dengan harga murah namun bukan murahan. semakin saya bangga dengan negara indonesia dan semakin senang naik kereta api.
Perjalanan kali ini dari Stasiun Tasikmalaya menuju Stasiun Lempuyangan Yogyakarta saya membawa serta kedua anak saya yang masih balita. saya bahagia melihat anak-anak saya senang naik Kereta Api Pasundan. bahkan di dalam kereta, anak-anak saya mendapatkan teman baru seumuran yang merupakan anak dari penumpang lain. saya tidak khawatir ketika anak saya bermain bersama anak-anak lainnya di dalam gerbong Kereta Api Pasundan saat dalam perjalanan. meskipun tetap dalam pengawasan saya sepenuhnya.
Kereta Api Pasundan yang saya tumpangi tiba di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta pada pukul
14.25 wib sesuai jadwal tiba. saya putuskan untuk beristirahat sejenak di Stasiun Lempuyangan Kota Yogyakarta untuk shalat, makan ringan serta ke toilet. selanjutnya saya bersama keluarga bergegas menuju ke Hotel untuk checkin dengan naik Grab Car.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon