10 September 2018

Potensi Wisata Alam Di Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat

Desa wanasigra merupakan salah satu desa di kecamatan sindangkasih kabupaten ciamis jawa barat. keberadaan desa wanasigra memang tidak lepas dari sejarah masa silam yang masih terawat hingga saat ini. salah satu catatan sejarah Desa wanasigra adalah dengan keberadaan Situs Gandoang di dusun cipeucang. informasi lengkap mengenai situs gandoang pernah saya review pada postingan sebelumnya.

Baca : Berkunjung Ke Situs Gandoang Wisata Sejarah Di Dusun Cipeucang Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis

Desa wanasigra menurut saya sangat unik. karena lokasinya hanya beberapa kilometer saja dari pusat kota tasikmalaya. bisa di katakan, Desa wanasigra seperti Ubud di Bali. karena lokasi desanya berada di tengah area persawahan yang berhektar-hektar. kemudian Desa wanasigra di belah oleh dua sungai besar. sehingga potensi banjir di Desa wanasigra memang cukup kecil karena berada di dataran tinggi serta air semua akan menuju ke dua sungai besar yang ada di sisi desa.

Menurut saya ini sangat luar biasa sekali. sesepuh pendiri Desa Wanasigra pada masa lalu telah memilih lokasi yang sangat tepat untuk tempat tinggal. selain bebas banjir, keberadaan Situs Gandoang juga memiliki peran penting sebagai lahan hijau. karena situs gandoang sangat di hormati keberadaannya dan kawasan lindung hutan gandoang menjadi paru-paru kota.

Saya sempat berkeliling di desa lain yang ada di kecamatan sindangkasih. namun menurut saya, desa wanasigra yang terlihat lebih menarik lokasinya. sangat unik memang, karena keberadaan Desa Wanasigra yang terletak di tengah hamparan sawah yang berhektar-hektar namun sangat dekat dengan pusat kota tasikmalaya. layanan taksi online seperti Grab dan Go-jek juga sudah mengcover sampai ke dalam Desa Wanasigra.

Untuk saat ini, ada dua destinasi wisata di Desa Wanasigra yang mulai ramai di perbincangkan di sosial media yaitu Situs Gandoang dan Jembatan Pelangi.

Baca : Indahnya Pemandangan Di Jembatan Pelangi Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Saat Sore Hari

Salah satu lokasi yang sangat menonjol di Desa Wanasigra sindangkasih ciamis adalah pada gerbang desa dengan keberadaan hamparan sawah yang di sebut Sawah Kulon oleh warga sekitar.
Keberadaan sawah kulon di Desa Wanasigra menjadi panorama tersendiri dan sekilas mirip Ubud Bali. bahkan saya lihat ada beberapa bangunan di sisi jalan sekitar sawah yang ternyata beberapa di antaranya merupakan Villa pribadi.
Keberadaan sawah kulon di Desa wanasigra sebenarnya bisa di berdayakan menjadi kawasan Agrowisata. saya malah berharap bahwa sawah kulon harus terus ada dan di jaga. karena jika area sawah ini berubah menjadi komplek perumahan, maka sisi keindahan akan hilang. apakah potensi itu bisa terjadi ? bisa saja, seiring pertumbuhan populasi penduduk.
Kondisi anak-anak jaman sekarang yang lebih menyukai Gadget dan tidak pernah lagi merasakan bagaimana rasanya bercocok tanam bibit padi, mencari belut di sawah, ikut membajak sawah dengan metode bajak kerbau dan memanen padi. tentunya bisa di tawarkan dengan paket Agrowisata di sawah kulon. saya sebelumnya pernah melihat wisata alam atau Agrowisata di salah satu kampung wisata di kabupaten Sleman Yogyakarta.
Di Desa wanasigra saya bisa merasakan memetik sayur di areal persawahan sembari menghirup udara yang bersih serta bebas polusi. suasana desa juga sangat nyaman.
Rumah-rumah warga yang tampak bersahabat serta sederhana menjadikan keunikan tersendiri menurut saya. beberapa rumah warga dengan pagar bambu masih saya temukan di sini. potensi wisata yang bisa di kembangkan adalah warga bisa menyewakan kamar kosong di rumahnya kepada para traveler domestik dan mancanegara. salah satunya dengan menawarkan di situs penyewaan properti dan kamar rumah airbnb.co.id

Potensinya masih sangat ada. karena di kota tasikmalaya sendiri, beberapa hotel budget masih belum bisa di booking melalui aplikasi Airy Rooms

Baca : Rendos Kuliner Khas Cikoneng Ciamis Jawa Barat Yang Lezat Berselera

Desa Wanasigra yang terletak di kecamatan sindangkasih ciamis jawa barat lokasinya sangat strategis. hal ini di karenakan posisi Desa Wanasigra yang sangat dekat sekali dengan kota tasikmalaya. kota tasikmalaya sendiri saat ini sudah sangat mudah di akses. keberadaan Bandara Wiriadinata kota tasikmalaya semakin memudahkan para traveler dari kota jakarta untuk bisa berkunjung ke kota tasikmalaya dan Desa Wanasigra. Stasiun kota tasikmalaya juga melayani transportasi 24 jam dari arah Jakarta, Bandung dan yogyakarta.

Sementara untuk urusan urban traveling, sudah tersedia layanan Grab dan Go-jek yang cover area sampai ke Desa Wanasigra.

Baca : Cara Daftar Grab Area Kota Tasikmalaya Dan Raih Penghasilan Tak Terbatas

Untuk sarana publik yang lain, Desa wanasigra juga terkoneksi dengan pasar sindangkasih yang hanya berjarak beberapa ratus meter saja. minimarket, bank, kuliner dan lokasi wisata bisa di akses dari sini. karena Desa Wanasigra berdekatan dengan wisata alam karang resik.

Cek : Instagram Karangresik Taman Wisata

Lokasi Pasar Sindangkasih Ciamis Jawa Barat

Foto ini saya ambil saat saya sedang menikmati Mie Baso Katresna di Pasar Sindangkasih. rasa baso dan kuahnya gurih, pedas berselera.
Di Desa wanasigra juga banyak sekali rumah produksi yang menghasilkan aneka cemilan yang berdaya jual tinggi seperti makaroni, seblak, cilok, cimol, basreng dan aneka cemilan khas jawa barat lainnya.

Salah satu toko online yang beroprasi dari Desa Wanasigra adalah ZoraExpress.net yang fokus memasarkan aneka snack serta kuliner indonesia khususnya produksi dari Desa wanasigra dan sekitarnya.

ZoraExpress.net yang di operasikan dari Desa Wanasigra sindangkasih ciamis jawa barat saat ini memang sedang dalam proses pengembangan. kedepannya ZoraExpress.net ingin menjadi Toko Online terbesar di indonesia yang berfokus pada produk cemilan dan kuliner lokal. dan harapan kedepan mampu memasarkan produk cemilan dan kuliner dari indonesia untuk merambah pasar mancanegara.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon