10 September 2018

Rendos Kuliner Khas Cikoneng Ciamis Jawa Barat Yang Lezat Berselera

Cikoneng adalah nama sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Ciamis jawa barat. namun meskipun secara administratif masuk ke wilayah kabupaten ciamis, kecamatan cikoneng posisinya lebih dekat dengan kota tasikmalaya.

Kali ini saya berkesempatan mencicipi rendos salah satu kuliner khas cikoneng ciamis jawa barat. kecamatan cikoneng sendiri bisa di katakan sebagai sentra bisnis di kabupaten ciamis. karena banyak sekali rumah para penduduk yang juga sebagai tempat produksi aneka makanan ringan. geliat wirausaha di wilayah kecamatan cikoneng memang sudah sejak lama dan turun temurun. di tambah lagi posisi kecamatan cikoneng cukup ramai dan strategis karena di lewati Jalan Nasional Jalur Selatan.

Rendos sekilas memang mirip dengan kuliner pecel serta gado-gado. namun saat saya melihat proses pembuatan bumbu pecelnya, sang penjual rendos mencampurkan potongan ubi jalar yang sudah di rebus dan dominasi bumbu kencur yang menimbulkan sensasi segar. resep ini yang tidak saya temukan pada pecel dan gado-gado. rendos kuliner khas cikoneng ciamis jawa barat memang beda.

Tetapi saya kali ini menemukan penjual rendos malah bukan di kecamatan cikoneng. namun di wilayah kecamatan sindangkasih tepatnya di dusun cimamut desa wanasigra. penjual rendos ini adalah seorang ibu-ibu yang mangkal di pos ronda. Bi Esih, begitu warga sekitar memanggil ibu penjual rendos ini. dan dari gaya mengolah bumbu rendos, sepertinya Bi Esih sudah sangat ahli.

Warung Rendos Bi Esih memang belum ada di Google Maps. namun sebagai patokan, saya kasih titik kordinat Seblak Alda-Aldi. Warung Rendos Bi Esih gak jauh dari situ. tinggal bertanya saja ke penduduk sekitar.
Perbedaan lainnya antara rendos dengan pecel serta gado-gado adalah ada campuran kerupuk yang di lumat bersama bumbu pecel khas rendos dan bercampur bersama aneka sayuran rebus. kerupuk yang semula garing dan renyah berubah menjadi lebih kenyal saat menyatu dalam sajian kuliner rendos.

Saat saya akan membayar harga satu bungkus rendos saya cukup terkejut. karena harga perbungkusnya hanya 5 ribu saja. teramat sangat murah. karena biasanya, untuk sajian kuliner serupa rendos, saya harus merogoh kocek di atas 10 ribu.

Rendos kuliner khas cikoneng ciamis jawa barat rasanya lezat berselera. apalagi jika di sajikan dengan rasa pedas, akan lebih mantab lagi. untuk tingkat kepedasan rendos, anda tinggal request saja sama penjual rendos. dan biasanya para penjual rendos akan selalu bertanya "mau pedas apa enggak" kalau mau pedas, mereka akan melebihkan jumlah cabai atau di sebut juga Cengek dalam bahasa sunda.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon