Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Candi Borobudur Candi Budha Terbesar di Indonesia Dan Di Dunia

Setelah sekian lama, akhiranya saya bersama keluarga bisa berkunjung ke Candi Borobudur yang merupakan Candi Buddha terbesar di indonesia bahkan Candi Borobudur di nobatkan sebagai Candi Buddha Terbesar di Dunia.

Perjalanan saya bersama keluarga ke Candi Borobudur saat sedang liburan ke Jogja pada awal tahun 2020 atau tepatnya liburan tahun baru.

Sebelumnya memang saya belum pernah berkunjung ke Candi Borobudur dan saya menggali lebih banyak informasi mengenai Candi Borobudur dari internet. bahkan saya berkunjung ke Candi Borobudur dengan mengendarai Sepeda Motor dari Kota Jogja dengan mengandalkan petunjuk dari Aplikasi Google Maps. titik awal perjalanan saya menuju ke Candi Borobudur dari Hotel Omah Putih atau jika di Aplikasi Airyrooms nama Hotel ini adalah Airy Caturtunggal Ori Satu 10 Yogyakarta. saya menginap di Hotel ini selama 3 hari 3 malam.

Baca : Rekomendasi Hotel Murah Di Jogja Airy Caturtunggal Omah Putih Residence Jogja

Berikut saya tampilkan rute dari Hotel Omah Putih Jogja yang terletak di belakang Museum Affandi menuju ke Candi Borobudur menggunakan Aplikasi Google Maps.
Candi Borobudur adalah Candi Budha yang lokasinya terletak di kawasan Borobudur, Magelang Jawa Tengah. Candi Borobudur terletak di 100 KM sebelah Barat Daya Kota Semarang, 86 KM sebelah Barat Kota Solo dan 40 KM sebelah Barat Laut Kota Jogja. jika di lihat dari lokasi tersebut, Candi Borobudur memang lebih dekat dengan kota Jogja. dan pengalaman kemarin, saya mengendarai Sepeda Motor dari Jogja menuju Candi Borobudur Magelang sekitar 3 jam dengan kondisi jalan santai 60 - 80 Km/jam.

Perjalanan berangkat menuju Candi Borobudur cuaca cukup bersahabat dan jalan tidak terlalu macet meskipun sangat ramai karena saat itu adalah Liburan Tahun Baru 2020. jalan aspal yang di tempuh juga bagus, halus dan tidak berlubang. sampai di Candi Borobudur jam 1 siang dan bergegas saya mencari tempat parkir yang aman.

Kondisi Candi Borobudur saat saya tiba bersama keluarga sangat ramai bahkan luar biasa ramai. antrian tiket masuk begitu panjang dan saya sempat frustasi apakah harus ikutan antri. setelah sejenak beristirahat dan berfikir, akhirnya saya mencoba cek Aplikasi Traveloka di Handphone Android saya. ternyata tiket masuk ke Candi Borobudur bisa di beli di Aplikasi Traveloka. selain praktis tidak perlu antri, harga lebih murah karena ada diskon dari Aplikasi Traveloka dan ternyata tersedia jalur masuk khusus ke Candi Borobudur jika kita membeli tiket masuk Candi Borobudur melalui Aplikasi Traveloka dan jalur masuk ini lebih sepi serta lebih ekslusif karena jadi satu dengan Jalur Turis Asing.

Berikut saya sertakan Link pemesanan Tiket Masuk Ke Candi Borobudur di Aplikasi Traveloka.

Baca : Tiket Masuk Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Ini merupakan pengalaman pertama saya berkunjung ke Candi Borobudur. namun, saya memiliki pengalaman berkunjung ke Candi Prambanan sebelumnya.

Baca : Inilah Tips Wisata Berkunjung Ke Candi Prambanan Yang Tidak Terlalu Jauh Dari Kota Yogyakarta

Dan memang benar, lokasi Candi Borobudur yang sangat luas sehingga dari Pintu Masuk Kawasan Candi Borobudur menuju ke Stupa Utama Candi Borobudur memang sangat jauh. kalau jalan kaki tentunya sangat capek apalagi jika membawa anak kecil. namun tersedia fasilitas Kereta Mini yang memudahkan kita menuju ke titik utama Candi Borobudur tanpa harus capek jalan kaki.

Kondisi Candi Borobudur adalah ruang alam terbuka sehingga sangat panas jika cuaca terik dan ada potensi basah kuyup jika turun hujan. untungnya ada fasilitas sewa payung dengan tarif murah. saya sarankan sewa payung saja dan sedia payung sebelum hujan. benar saja, kemarin saya bersama keluarga juga kehujanan saat perjalanan pulang dari Komplek Candi Borobudur menuju ke Pintu Keluar Candi Borobudur.

Kalau menurut saya lebih baik datang ke Candi Borobudur di luar waktu liburan nasional dan juga masa Studi Tour anak sekolah. pengalaman kemarin saat saya berkunjung ke Candi Borobudur luar biasa sangat ramai sehingga seperti kurang menikmati Candi Borobudur secara tenang dan luas serta mendalam karena begitu banyaknya pengunjung saat liburan tahun baru 2020 bertepatan dengan musim Study Tour anak sekolah.

Kemarin juga saat berkunjung ke Candi Borobudur cuaca kurang mendukung karena musim hujan. akhirnya perjalanan pulang dari Candi Borobudur menuju ke Kota Jogja saya di guyur hujan full selama 3 jam tanpa henti. namun tetap aman karena membawa Jas Hujan lengkap.

Setidaknya Traveling kali ini ke Candi Borobudur saya mendapatkan banyak pengalaman dan meskipun ada beberapa kendala, saya tetap menikmati perjalanan kali ini. ohya, saya mengabadikan perjalanan kali ini ke Candi Borobudur di Channel YouTube saya Deni Anggoleta berikut videonya :

Untuk terus update video terbaru perjalanan saya, yuk Subscribe di Channel YouTube Deni Anggoleta atau klik : YouTube Deni Anggoleta

Posting Komentar untuk "Wisata Candi Borobudur Candi Budha Terbesar di Indonesia Dan Di Dunia"