31 Januari 2019

Inilah Tips Wisata Berkunjung Ke Candi Prambanan Yang Tidak Terlalu Jauh Dari Kota Yogyakarta

Candi Prambanan merupakan Obyek Wisata yang tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta. jika kita menggunakan aplikasi Google Maps dan mengambil titik awal dari Mall Malioboro, maka jarak antara Mall Malioboro ke Candi Prambanan hanya 17 KM saja.

Baca : Rencana Liburan Ke Kota Jogja Januari 2019 Edisi Persiapan 1

Baca : Pengalaman Naik Kereta Api Pasundan Dari Stasiun Tasikmalaya Ke Stasiun Lempuyangan Yogyakarta 

Untuk menuju ke Candi Prambanan dari Kota Yogyakarta, anda bisa memilih beberapa layanan transportasi yaitu :
  1.  Transportasi ke Candi Prambanan menggunakan Bus TransJogja 1A dari luar Stasiun Tugu dan turun di Candi Prambanan. tarif paling hemat.
  2. Transportasi ke Candi Prambanan menggunakan layanan taksi maupun ojek online dari Grab atau Gojek. tarif standard. tapi yang menarik, saat kemarin saya berkunjung ke Candi Prambanan taksi Online Grab sedang mengadakan Promo spesial banget yaitu Gratis tiket masuk ke Candi Prambanan dengan Grab kode promo "SEWAGRABAJA" namun saya tidak menggunakan layanan Grab karena saya berkunjung dengan motor sewaan.
  3. Transportasi ke Candi Prambanan dengan menggunakan motor sewaan. setiap traveling ke Jogja, opsi transportasi motor sewaan selalu menjadi favorit saya. beberapa layanan penyewaan motor di Kota Jogja memberlakukan tarif Rp. 70.000 selama 24 jam penuh dengan tambahan fasilitas 2 helm serta jas hujan. ada banyak sekali layanan penyewaan sepeda motor di Kota Jogja. anda bisa Googling dengan kata kunci "Sewa Motor Jogja"
Candi Prambanan merupakan Objek Wisata di Yogyakarta yang sangat terkenal. Candi Prambanan di sebut juga Candi Sewu dan Candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di indonesia yang di bangun pada abad ke 9 masehi. Candi Prambanan di bangun sebagai persembahan untuk tiga dewa utama hindu yang di sebut juga Trimurti yaitu Brahma, Siwa dan Wishnu. Candi Prambanan juga erat kaitannya dengan legenda dongeng cerita antara Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang.
Sebenarnya ini bukan pertama kali saya berkunjung ke Candi Prambanan. beberapa tahun silam, saya sempat datang ke Candi Prambanan, tepatnya sekitar tahun 2007. dan saat itu, transportasi menuju Candi Prambanan belum secanggih sekarang. saya waktu itu menumpang Bus Jogja Solo dari Jembatan Layang Janti. dan kondisi Candi Prambanan juga tidak terlalu ramai banget. namun di kunjungan wisata awal tahun 2019 ini, semua sudah semakin maju, canggih dan sungguh berbeda.

Ada beberapa pengalaman yang akan saya bagikan pada traveling saya di awal tahun 2019 ini saat kembali mengunjungi Candi Prambanan :
  1. Mengunjungi Candi Prambanan Di Pagi atau Sore Hari. pengalaman saya kali ini, berkunjung ke Candi Prambanan saat siang hari. berangkat dari Kota Jogja pukul 10 pagi dan sampai di Candi Prambanan sekitar pukul 11 siang lebih sedikit. atau bisa di katakan menjelang pukul 12 siang. matahari bersinar sangat terik dan luar biasa panas. untungnya di sekitar pintu masuk Candi Prambanan terdapat banyak orang yang menawarkan jasa penyewaan payung dengan tarif Rp. 10.000 sepertinya mereka sudah paham bahwa cuaca panas pengunjung butuh payung. cuaca tengah hari bolong di Candi Prambanan memang luar biasa gerah dan panas. jika mengacu pada jam operasional kunjungan ke Candi Prambanan, yaitu buka pada pukul 06.00 pagi dan tutup pada pukul 17,00 atau jam 5 sore, lebih baik saya sarankan datang pagi-pagi sekali atau sekalian saja datang di sore hari. kalau mau datang siang hari bolong, silahkan. tapi konsekwensi yang harus anda tanggung adalah siap-siap kepanasan. dan rasanya pengen cepet-cepet selesai mengitari kawasan Candi Prambanan yang luasnya bener-bener bikin pegel jalan kaki. hampir 40 Hektar luasnya. apalagi kalau anda berwisata bawa anak kecil, selain kepanasan bakal dapet bonus rintihan dan tangisan si bocah. pokoknya saran saya, datang pagi-pagi atau sore sekalian. 
  2. Mengunjungi Candi Prambanan dengan membeli tiket masuk secara online. waktu saya ke Candi Prambanan kemarin memang pas hari minggu dan banyak sekali anak-anak sekolah yang sedang Study Tour. dan dampaknya adalah saat mau membeli tiket masuk ke Candi Prambanan harus antri luar biasa. namun setelah saya cek di aplikasi Traveloka, ternyata ada penjualan Tiket Masuk ke Candi Prambanan. bahkan harga lebih murah karena di aplikasi Traveloka sering ada promo. jadi saran saya, lebih baik beli tiket masuk ke Candi Prambanan secara online saja. bila perlu jauh-jauh hari atau pantengin terus info promo dari aplikasi Traveloka supaya menghemat budget traveling anda. selain di aplikasi Traveloka, tiket masuk Candi Prambanan sepertinya juga tersedia di aplikasi Tiket.
  3. Mengunjungi Candi Prambanan lebih baik pakai pakaian santai. Candi Prambanan merupakan Objek Wisata Outdoor yang tentunya saat berkunjung, anda akan lebih banyak terpapar sinar matahari yang cukup terik. menurut saya lebih baik pakai pakaian santai ala Joging saja. seperti kaos oblong di padu dengan celana pendek dan menggunakan sepatu sport. jangan lupa pakai lotion tabir surya agar kulit anda tidak gosong.
  4. Mengunjungi Candi Prambanan tidak usah terlalu banyak bawa barang bawaan. ransel traveling kecil sudah cukup pas. karena aktivitas anda akan lebih banyak jalan kaki. gak usah terlalu banyak bawa makanan. cemilan ringan dan air mineral sudah cukup dan agar ransel anda tidak terlalu berat.
  5. Mengunjungi Candi Prambanan pada tahap akhir saat akan keluar dari komplek Candi Prambanan terdapat pasar yang menjajakan aneka kerajinan khas Prambanan dan Souvenir. tidak selamanya barang di Pasar tersebut mahal. asal jago nawar, pasti dapat harga yang seseuai. karena saat beberapa Souvenir harganya saya tawar, ternyata harga tersebut sama bahkan lebih murah dari Souvenir yang di tawarkan pada sepanjang Jalan Malioboro.
  6. Mengunjungi Candi Prambanan jika anda berasal dari luar kota, lebih baik tetap menginap di Hotel yang ada di Kota Jogja. karena memang lokasi Candi Prambanan tidak terlalu jauh dari Kota Jogja, dan transportasi dari Kota Jogja menuju Candi Prambanan tidak terlalu mahal.
Demikianlah beberapa Tips wisata berdasarkan pengalaman saya berkunjung ke Candi Prambanan bersama keluarga, yang tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta. semoga bermanfaat.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon