25 November 2018

Ritual Merlawu Di Situs Gandoang Tradisi Sejarah Masyarakat Desa Wanasigra Ciamis Setiap Bulan Maulid

Situs Gandoang yang terletak di Kabuyutan Gandoang Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat, merupakan Destinasi Wisata Sejarah yang di dalamnya terdapat Makam Keramat yang merupakan leluhur dari Masyarakat Gandoang yaitu Syech Padamatang yang pusaranya terletak di puncak Hutan Gandoang.

Baca : Berkunjung Ke Situs Gandoang Wisata Sejarah Di Dusun Cipeucang Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis

Salah satu tradisi yang kerap di gelar saat menjelang Bulan Maulid di Situs Gandoang Kabuyutan Gandoang Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis adalah Ritual Merlawu. pada tahun 2018 ini ritual merlawu pada puncak acara jatuh pada tanggal 23 November 2018.
Namun jelang sehari sebelum puncak acara ritual merlawu, rangkaian acara sudah di gelar yaitu meliputi ritual siraman mencuci benda pusaka peninggalan Galuh Wanasigra seperti keris dan pusaka sejarah lainnya. di lanjutkan juga dengan di bukanya naskah kuno Gandoang yang tertulis pada kertas daulang serta pada prasasti tembaga. ada juga acara santap bersama yang menghadirkan aneka kuliner dari Wanasigra Sindangkasih Ciamis seperti kerupuk menak, ikan bakar, nasi liwet serta jajanan istimewa yaitu Gulampo. Kue Gulampo di percaya pada jaman dahulu kala merupakan jajanan yang di konsumsi oleh kaum bangsawan serta keluarga raja. Kue Gulampo berbahan dasar tape ketan yang di masak kembali dengan gula aren asli kemudian di bungkus dengan daun jambu batu. konon, Kue Gulampo sekarang semakin langka karena semakin sedikit yang menguasai resep cara membuat Kue Gulampo.
Puncak acara Ritual Merlawu di lakukan di Situs Gandoang Kabuyutan Gandoang yang terletak di tepi suangai citanduy. lokasi Situs Gandoang memang tidak terlalu jauh dari pemukiman warga Desa Sindangkasih, dan melewati Jembatan Pelangi Desa Wanasigra.

Baca : Indahnya Pemandangan Di Jembatan Pelangi Desa Wanasigra Sindangkasih Saat Sore Hari

Di Kabuyutan Gandoang inilah tempat keberadaan makam Eyang Syech Padamatang yang merupakan leluhur sekaligus pendiri Wanasigra yang juga merupakan pemuka agama islam. di sisi jalan setapak menuju makam Eyang Syech Padamatang terdapat sebuah batu besar bertuliskan prasasti bahasa kunoyang masih belum di ketahui artinya hingga saat ini. pada batu tersebut juga terdapat tanda berupa telapak tangan serta kaki manusia dan bekas cakaran hewan.
Puncak acara Ritual Merlawu di Situs Gandoang Kabuyutan Gandoang di awali dengan mengganti pagar bambu yang mengelilingi makam Eyang Syech Padamatang dan di lanjutkan dengan berdoa bersama serta tawasulan.

Pada Ritual Merlawu di Situs Gandoang Kabuyutan Gandoang Desa Sindangkasih Ciamis Jawa Barat, di ikuti oleh banyak warga Desa Sindangkasih bahkan ada beberapa pengunjung yang berasal dari luar kota. bahkan semakin tahun semakin ramai para pengunjung Ritual Merlawu. saat proses Ritual Merlawu Kabuyutan Gandoang, barisan laki-laki berada terpisah dari barisan perempuan.
Tradisi Ritual Merlawu di Situs Gandoang Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat merupakan tradisi mauludan serta ungkapan rasa syukur dan terimakasih atas jasa-jasa leluhur pendiri Desa Wanasigra yang subur dan makmur. pada masa lalu, Eyang Syech Padamatang telah sangat berjasa membuka kawasan Hutan Wanasigra yang luas dan lebat menjadi Desa Wanasigra yang subur dan makmur seperti saat ini. dan Eyang Syech Padamatang juga yang telah melakukan pembendungan sungai agar airnya bisa mengairi sawah serta ladang di Desa Wanasigra, meskipun beliau terpaksa harus bertengkar dengan Adipati Imbanagara yang tengah berkuasa pada masa itu.

Baca : Potensi Wisata Alam Di Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat

Sebenarnya masih banyak sekali peninggalan sejarah di Desa Wanasigra yang belum di kenal lebih jauh. keberadaan rumah-rumah kuno di Desa Wanasigra yang hingga saat ini masih kokoh berdiri juga di duga adalah peninggalan pengusaha - pengusaha sukses di masa lalu.
Serta keberadaan Jembatan Kuno sepanjang 1.5 M di Dusun Cimamut Desa Wanasigra semakin membuat Desa Wanasigra memang perlu di lestarikan sebagai Desa Wisata. konon kabarnya, jembatan kuno di Dusun Cimamut Desa Wanasigra adalah tempat melintas Kereta Kencana di masa lalu.

Semoga dengan adanya artikel ini, semakin banyak orang di luar Desa Wanasigra untuk lebih mengenal Desa yang sangat indah ini, serta semoga Ritual Merlawu Di Situs Gandoang Kabuyutan Gandoang Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat, menjadi Agenda Wisata Budaya Tradisi tahunan baik secara lokal maupun nasional.

Beberapa foto terlampir saya ambil dari akun instagram Desa Wanasigra yaitu wanasigrahitz

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon