26 November 2018

Akar Alang - Alang Rumput Liar Yang Berkhasiat Alami Baik Untuk Kesehatan

Suatu ketika saat saya sedang berbelaja di salah satu Supermarket di Kota Kendari, tiba-tiba saya menemukan pajangan di rak sayur mayur yaitu akar alang - alang. dan cukup terkejut juga melihat harganya yang terbilang mahal.

Satu ikat akar alang - alang dengan berat 330 ons atau 1/3 kg di jual dengan harga 30 ribu. berarti jika akar alang - alang tersebut memiliki berat 1 kg maka harganya menjadi 100 ribu. luar biasa banget menurut saya. saya jadi teringat waktu kecil dulu di kampung saya yang terletak di salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Tanggamus, akar alang - alang justru di kategorikan sebagai rumput pengganggu atau tumbuhan gulma.
Ternyata akar alang - alang yang merupakan rumput liar memiliki khasiat dan manfaat alami yang sangat baik untuk kesehatan. bahkan saat saya membaca artikel di situs khasiat.co.id
ada sekitar 122 manfaat dan khasiat akar alang - alang. dari 122 manfaat dan khasiat akar alang - alang salah satunya yang paling menonjol adalah bahwa akar alang - alang terbukti berkhasiat sebagai Obat Jantung Koroner, Obat Kencing Nanah, Obat Batu Ginjal, Obat Radang Ginjal serta Obat Kencing Darah.

Jika saya baca di artikel 122 manfaat dan khasiat akar alang - alang memang lebih banyak berkhasiat untuk mengobati gangguan kesehatan di sekitar saluran kencing. meskipun akar alang - alang juga bermanfaat terhadap gangguan kesehatan yang lain.

Kemudian saya penasaran bagaimana cara mengolah akar alang - alang dari rumput liar yang kemudian berkhasiat alami serta baik untuk kesehatan. seperti artikel yang saya baca di situs deherba.com cara mengolah akar alang - alang menjadi ramuan yang berkhasiat alami dan baik untuk kesehatan adalah dengan cara membersihkan akar alang - alang kemudian merebus akar alang - alang dengan komposisi akar alang - alang sebanyak 60 - 120 gram di rebus dalam air sebanyak 3 gelas dan rebuslah sampai air tinggal satu gelas. setelah dingin air rebusan akar alang - alang di saring terlebih dahulu kemudian bisa di konsumsi sehari 2 gelas.

Rupanya akar alang - alang yang semula hanya di anggap sebagai rumput liar dan tanaman gulma, ternyata memiliki manfaat baik dan berkhasiat untuk kesehatan. indonesia memang kaya akan tanaman berkhasiat, salah satunya adalah akar alang - alang.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon