21 November 2019

Merlawu Festival Adat Terbesar di Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat Agenda Budaya Tahunan

Tradisi ritual dan Festival adat Ritual Merlawu yang selalu di laksanakan pada Bulan Maulid setiap tahun kini telah menjadi Festival Adat Terbesar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Ritual Merlawu merupakan Agenda Budaya Tahunan yang di laksanakan di Situs Gandoang Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat, telah menjadi Tradisi sejak dulu kala dan merupakan kebanggan Warga Sekitar terutama Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Ciamis Jawa Barat.

Tradisi Merlawu yang penuh dengan nilai budaya, nilai agama serta adat istiadat bahkan merupakan agenda yang mampu menjadi pemersatu warga di Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat.
Bahkan Warga Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat yang banyak juga merantau, menjadikan Festival Merlawu sebagai waktu untuk Pulang Kampung, Berziarah serta mengenang kembali apa yang menjadi Pesan dari Pendiri Desa Wanasigra di masa lalu. sisi positif dari Agenda Tahunan ini adalah menjadikan Warga selalu ingat dengan Ajaran Agama, Nilai Luhur Budaya serta pentingnya mempererat Tali Silaturahmi antar sesama.
Adat Budaya Merlawu di Situs Gandoang merupakan Agenda warisan dari Para Pendahulu yang sampai saat ini masih di junjung tinggi oleh Warga Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat. dan banyak pelajaran berharga yang di petik dari setiap rangkaian acara.
Dalam rangkaian acara, terdapat juga pesan moral agar Generasi mendatang tidak melupakan Adat Istiadat yang telah membuat Bangsa Indonesia menjadi besar dan kuat.
Festival Adat Merlawu juga mampu menanamkan Nilai Budaya bagi Generasi penerus Bangsa.
Dari Masa Ke Masa tampak bahwa Festival Adat Budaya Merlawu di Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat semakin ramai di ikuti baik oleh Warga maupun para Pendatang yang ingin juga mengikuti Festival Budaya Merlawu sebagai Rangkaian Adat Terbesar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat.
Yang menjadi daya tarik lainnya adalah saat para Warga sekitar dan Pendatang yang akan mengikuti rangkaian Festival Adat Merlawu melintasi areal persawahan yaitu Sawah Kulon menuju Situs Gandoang.
Sungguh Panorama Alam yang begitu indah di tambah dengan Pesona Keraifan Lokal penuh nilai budaya.
Ritual Merlawu memang pernah juga Saya bahas di Artikel sebelumnya yang juga bisa Anda baca di bawah ini :

Baca : Potret Ritual Merlawu Di Situs Gandoang Tradisi Masyarakat Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat

Baca : Ritual Merlawu Di Situs Gandoang Tradisi Sejarah Masyarakat Desa Wanasigra Ciamis Setiap Bulan Maulid


Tradisi Festival Adat Merlawu yang selalu di lakukan setiap tahun dan tepatnya pada Bulan Maulid bertempat di Situs Gandoang Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat merupakan tradisi budaya yang harus terus di jaga dan sebagai Identitas Bangsa.
Pada Rangkaian acara Festival Adat Merlawu di Situs Gandoang Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat juga terdapat Prosesi Ziarah di Makam Eyang Syeh Padamatang yang merupakan Pemuka Agama Islam serta Leluhur Desa Wanasigra.

Ada sesuatu yang unik, yaitu pada jalan setapak menuju Makam Eyang Syeh Padamatang terdapat sebuah Prasasti dari Batu Besar yang terukir tulisan kuno dan bekas tapak kaki dan tangan manusia serta cakar hewan.
Tahun Depan 2020 pastinya Festival Adat Dan Budaya Merlawu di Situs Gandoang Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat akan di gelar lagi. Jika Anda ingin mengikuti rangkaian kegiatan ini, silahkan bisa langsung berkunjung ke Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat yang juga terkenal dengan adanya Wisata Jembatan Pelangi.

Baca : Indahnya Pemandangan Di Jembatan Pelangi Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat Saat Sore Hari

Dan Saat ini, Seluruh Warga Desa serta Masyarakat Desa Wanasigra di bawah kepemimpinan Bapak Kepala Desa Bpk. Yudi Wahyudi sedang berupaya menjadikan Desa Wanasigra sebagai Desa Wisata Terbaik di Jawa Barat.

Baca : Potensi Wisata Alam Di Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat

Ada juga koleksi video YouTube Di Channel Saya Deni Anggoleta saat sedang berada di Sawah Kulon Desa Wanasigra yang tidak terlalu jauh dari Situs Gandoang. berikut ini Videonya :
Semoga Festival Adat Dan Budaya mampu meningkatkan wawasan kita terhadap kekayaan sejarah dan budaya serta nilai agama dan juga sarana mempererat tali silaturahmi.

Dan semoga Pagelaran Budaya ini juga bernilai secara sektor wisata dan nilai ekonomi sebagai dampak dari adanya kunjungan wisatawan yang ingin meliput proses Ritual Merlawu di Situs Gandoang Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Sebagai contoh, saat adanya Festival, Masyarakat sekitar bisa menjajakan kuliner khas lokal serta Produk berbasis ekonomi kreatif seperti Kain Batik Lokal, Kerjinan Tangan serta kekayaan daerah lainnya.

SMS - TLP - WA : 0813 7777 4343


EmoticonEmoticon