15 April 2019

Cara Melakukan Check In Mandiri Cetak Boarding Pass Tanpa Antri Di Bandara Soetta

Setiap kali melakukan Traveling, saya selalu berupaya untuk tidak membawa barang terlalu banyak. cukup bawa uang aja yang banyak. Traveling yang panjang dan melelahkan, terkadang akan semakin bertambah beban jika membawa barang terlalu banyak. dan yang paling penting, adalah antrian saat akan menumpang kendaraan umum seperti Pesawat yang mengharuskan kita mengantri untuk sekedar mencetak Boarding Pass. lihat antrian di bawah ini.
Antrian ini saya foto di Terminal Keberangkatan 1C Bandara Soetta pada pukul 4 dini hari alias subuh pagi buta. bayangin, masih subuh harus udah seperti ini. apalagi jika menumpang Maskapai Sejuta Umat Lion Air. antrinya luar biasa. ini masih mending, karena sudah di berlakukan Bagasi Berbayar. dulu, waktu masih Bagasi Gratis, banyak penumpang yang seolah mau pindah rumah dengan begitu banyaknya Koper yang di bawa. gak ngerti isi Koper mereka apa.
Saya sudah cukup lama melihat keberadaan mesin Check In Mandiri di Terminal Keberangkatan 1C Bandara Soetta. dan sepertinya memang mesin ini di luncurkan pada tahun 2017 seperti yang saya baca di situs Detik.

Baca : Begini Alur Check In Mandiri Di Terminal 1C Bandara Soekarno Hatta

Tapi memang untuk merubah suatu kebiasaan itu terkadang butuh waktu. seperti pada penerbangan kali ini di Bulan April 2019 saya baru menggunakan Mesin Check In Mandiri untuk cetak Boarding Pass penerbangan sehingga tanpa antri. apalagi saya memang tidak membawa Bagasi, sehingga setelah cetak Boarding Pass di Mesin Check In Mandiri langsung masuk ke Ruang Tunggu Pesawat.
Sebelumnya memang saya sudah melakukan Check In secara Online di website. dan karena memang penerbangan kali ini saya menumpang Pesawat Lion Air, maka saya Check In di Web Lion Air, terutama untuk memilih tempat duduk.

Baca : Cara Check In Online Maskapai Lion Air Di Web Check In Melalui Komputer Dan Laptop

Sehingga saat saya menggunakan Mesin Check In Mandiri hanya untuk keperluan cetak Boarding Pass saja.

Begini cara melakukan Check In Mandiri untuk cetak Boarding Pass tanpa antri :
  1. Datangi Mesin Check In Mandiri yang tersedia di Bandara. saat saya melakukan Check In Mandiri, saya berada di Bandara Soetta. kemungkinan besar Mesin Check In Mandiri sudah ada di bandara lainnya yang ada di Indonesia.
  2. Pada menu yang tersedia, Anda tinggal memilih Maskapai sesuai dengan pemesanan tiket Anda.
  3. Lalu muncul menu Bahasa, pilih Bahasa Indonesia. setelah itu muncul tombol Check In dan sentuh tombol tersebut. Mesin Check In Mandiri memiliki layar Touch Screen.
  4. Masukkan nama depan dan nama belakang Anda sesuai dengan identitas yang Anda gunakan saat melakukan pemesanan Tiket Pesawat.
  5. Masukkan Kode Booking tiket Anda, sampai semua data tiket Anda muncul pada layar Mesin Check In Mandiri.
  6. Langkah terakhir tinggal sentuh atau tekan tombol Print atau Cetak dan Boarding Pass Anda akan keluar dari Mesin Check In Mandiri.
Selanjutnya Anda tinggal masuk menuju ruang tunggu pesawat tanpa melalui proses antri cetak Boarding Pass. namun tetap harus melalui pemeriksaan X-Ray oleh petugas bandara.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon