15 April 2019

Pengalaman Traveling Ke Wisata Cipanas Galunggung Pemandian Air Panas

Setelah berhasil mendaki dan sampai di Puncak Kawah Gunung Galunggung, kemudian saya memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata pemandian air panas Cipanas Galunggung.

Baca : Pengalaman Traveling Mendaki Kawah Letusan Gunung Galunggung Tasikmalaya

Lokasinya dari Pos Pertama masuk ke kawasan wisata Gunung galunggung, saya mengambil jalan belok ke kanan menuju Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung.
 Jika di Pos Pertama saat masuk ke kawasan Wisata Gunung Galunggung saya di kenakan tarif masuk sebesar Rp. 20.000 perkendaraan motor, maka saat berada di Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung saya tidak di pungut biaya masuk lagi. hanya membayar Parkir Motor saja.
Suasana di kawasan wisata Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung saya bilang lengkap dan sederhana saja. tempat parkir luas dan adanya dukungan fasilitas Mushola, pasar kecil yang menjual Souvenir serta arena Permainan Anak. banyak juga pedagang kuliner yang menjajakan aneka makanan serta kudapan.
Melepas lelah setelah mendaki menuju Puncak Kawah Gunung Galunggung segera sirna saat saya berendam di Kolam Air Panas Cipanas Galunggung. namun saya agak sedikit risih setiap berada di Kolam Renang Umum terutama kolam anak-anak. saat itu memang saya berendam di kolam anak karena mendampingi kedua anak balita saya. yang membuat saya risih saat berada di kolam anak adalah kita gak pernah tahu apakah semua anak-anak yang sedang berenang mereka buang air kecil atau tidak di kolam tersebut. jika benar iya, maka kolam pastinya akan terpapar dengan kotoran. semoga saja tidak. namun tetap saja, saya merasa risih setiap berada di kolam umum.
Kondisi Kolam Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung menurut saya sudah cukup bagus. dengan dukungan kamar bilas serta atap penutup kolam. namun yang perlu di benahi adalah kondisi kolam yang dinding marmernya tampak hitam sehingga terkesan agak kotor. kebersihan lokasi juga harus terus di tingkatkan.
Namun secara keseluruhan saya masih puas saat berwisata ke Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung. setelah puas berendam, saya menemani anak-anak untuk bermain. mereka tampak ceria dan menikmati saat liburan mereka.
Saat itu, saya menemukan adanya penjual sayuran segar di depan Kolam Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung. dan uniknya, sayur segar yang di jual adalah sayuran yang cukup langka dan mulai jarang di temukan di Pasar Tradisional seperti daun lalapan Selada Air.
Dan harga sayuran segar yang di tawarkan juga sangat murah sekali nyaris sama dengan harga di Pasar Tradisional lainnya. sepertinya si pedagang tidak aji mumpung menaikkan harga selayaknya barang jualan di kawasan wisata.
Berikut adalah rute tercepat serta terbaik versi Google Maps jika anda ingin berkunjung ke Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung. saya ambil titik awal dari Hotel Horison Kota Tasikmalaya.
Jika Anda sedang berada di Kota Tasikmalaya, sempatkan waktu Anda untuk berkunjung ke Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung yang juga sudah terjangkau oleh layanan Ojek Online maupun Taksi Online dari Go-jek dan Grab.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon