1 September 2018

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Dengan Mudah Dan Syarat Membatalkan Tiket Kereta Api

Salah satu faktor yang membuat saya lebih memilih kereta api sebagai transportasi darat adalah dengan adanya layanan pembatalan tiket kereta api. saya memang lebih sering memesan tiket kereta api sejak jauh-jauh hari terutama saat traveling di waktu yang khusus seperti musim liburan mapun mudik hari raya. hal ini di sebabkan agar tidak kehabisan tiket kereta api.
Namun biasanya, apa yang sudah di rencanakan terkadang waktunya meleset. seperti pada traveling kali ini, saya terpaksa harus membatalkan beberapa tiket kereta api sekaligus dengan jumlah pembatalan lebih dari 1 juta rupiah.

Berdasarkan pengalaman saya membatalkan tiket kereta api, berikut informasi lengkap bagi anda yang akan membatalkan tiket kereta api.

Dokumen yang harus di siapkan untuk pembatalan tiket kereta api adalah sebagai berikut :

  1. Bukti pembelian tiket. jika anda membeli tiket kereta api melalui online, silahkan di print bukti pembelian serta bukti tiket online. saya sendiri sering membeli tiket kereta api di aplikasi tokopedia karena tergiur dengan promo cashback yang sering di tawarkan oleh tokopedia
  2. Kartu identitas asli atau KTP dengan nama KTP sesuai dengan nama yang tertera pada tiket kereta api. Pembatalan dapat di lakukan di stasiun kereta api, namun tidak semua stasiun kereta api menerima pembatalan tiket kereta api. berdasarkan informasi dari situs kompas travel Berikut stasiun-stasiun yang telah ditunjuk untuk melayani pembatalan seperti dihimpun dari laman resmi PT. KAI. 
Divisi Regional I Sumatera Utara Stasiun Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran Rantauprapat.

Divisi Regional II Sumatera Barat Stasiun Padang

Divisi Regional III Sumatera Selatan Stasiun Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang.

Daerah Operasi 1 Jakarta Stasiun Serang, Rangkasbitung, Jakartakota, Gambir, Pasar Senen, Bogor,Bekasi, Cikampek.

Daerah Operasi 2 Bandung Stasiun Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar.

Daerah Operasi 3 Cirebon Cirebon, Cirebon perujakan, Jatibarang, Brebes.

Daerah Operasi 4 Semarang Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Semarangtawang, Cepu, Bojonegoro.

Daerah Operasi 5 Purwokerto Stasiun Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo.

Daerah Operasi 6 Yogyakarta Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan.

Daerah Operasi 7 Madiun Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang.

Daerah Operasi 8 Surabaya Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Blitar.

Daerah Operasi 9 Jember Stasiun Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan.

Data stasiun kereta api yang menerima pembatalan tiket kereta api tersebut di atas saya ambil dari situs kompas travel  yang terbit pada 25 Maret 2017, saat ini bisa saja ada penambahan daftar stasiun kereta api yang menerima pembatalan tiket kereta api, silahkan anda cari infonya di situs resmi kereta api indonesia

Pengalaman saya waktu membatalkan tiket kereta api yaitu di stasiun bandung karena kebetulan saya transit di stasiun tersebut untuk menuju ke stasiun tasikmalaya. pada waktu saya akan membatalkan tiket kereta api, terlebih dahulu oleh petugas security stasiun kereta api bandung saya di arahkan untuk mengambil nomor antrian, kemudian mengisi formulir pembatalan tiket setelah itu di arahkan untuk melapor di Customer Service. saat melapor di Customer Service saya harus mengambil nomor antrian Customer Service. sehingga saya memegang dua nomor antrian yaitu antrian untuk di Customer Service dan antrian untuk di loket pembatalan tiket kereta api.

Hal yang harus di perhatikan saat mengisi formulir pembatalan tiket kereta api adalah semua kolom yang harus di isi, anda harus mengisi dengan data yang lengkap serta tulisan yang jelas. ada dua metode pengembalian dana dari pembatalan tiket kereta api yaitu sistem tunai artinya kita harus mengambil langsung di stasiun yang menerima pembatalan tiket kereta api. dan sistem transfer bank. saat itu, saya memilih menggunakan metode transfer bank karena lebih praktis.

Ohya saya lanjutkan kembali pengalaman pembatalan tiket kereta api di stasiun bandung. setelah saya mengantri dan melapor ke Customer Service, kemudian semua data pada formulir pembatalan saya di input ke komputer oleh petugas Customer Service yang sangat ramah, maka saya di arahkan ke loket pembatalan tiket kereta api.

Kemudian saya melakukan antrian lagi di loket pembatalan tiket kereta api di stasiun bandung. antrian cukup panjang memang. dan saya sangat gelisah karena di kejar waktu untuk melakukan keberangkatan kereta api menuju stasiun tasikmalaya. benar saja, saat kereta api dari stasiun bandung menuju stasiun tasikmalaya sudah akan di berangkatkan sekitar 30 menit lagi, sementara antraian masih sangat panjang.

Saat itu, sambil mencari waktu yang tepat, saya menyelinap menemui petugas di loket pembatalan tiket kereta api di stasiun bandung serta menyampaikan permohonan untuk dapat di prioritaskan terlebih dahulu karena saya mengejar jadwal keberangkatan kereta api selanjutnya. untuk menambah kepercayaan mereka, saya tunjukkan tiket kereta api dari stasiun bandung menuju stasiun tasikmalaya yang akan segera berangkat. dan petugas loket bersedia membantu, sehingga saya tidak perlu antri.

Berikut syarat dan ketentuan pembatalan tiket kereta api berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari formulir pembatalan tiket :

  1. Pembatalan tiket kereta api di lakukan selambat lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api.
  2. Pemohon pembatalan tiket kereta api harus pemilik tiket kereta api yang bersangkutan dan dapat menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai dengan data yag tercantum pada tiket serta menyerahkan foto kopinya.
  3. Jika pemohon pembatalan tiket kereta api bukan pemilik tiket, maka wajib melampirkan surat kuasa pembatalan tiket kereta api dari pemilik tiket serta wajib ada materai kepada yang di kuasakan untuk melakukan pembatalan tiket kereta api dengan tetap menunjukkan bukti identitas asli pemilik tiket dan menyerahkan foto kopinya.
  4. pembatalan tiket kereta api akan di kenakan biaya sebesar 25 persen dari harga tiket di luar biaya pesan. artinya anda akan menerima dana sebesar 75 persen dari harga tiket kereta api yang anda batalkan.
  5. Tiket kereta api yang akan di batalkan serta foto kopi identitas atau surat kuasa jika di batalkan oleh bukan si pemilik tiket wajib di lampirkan bersama formulir pembatalan tiket kereta api.
  6. Pengembalian biaya pembatalan tiket kereta api di lakukan di stasiun yang di tunjuk seperti tersebut di atas, dengan membawa bukti formulir pembatalan tiket kereta api yang telah di validasi dan tetap menunjukkan identitas asli. atau jika anda menggunakan metode transfer, dana pembatalan tiket kereta api akan di transfer setelah hari ke 30 sejak mengajukan pembatalan tiket kereta api. namun pengalaman saya, dana pembatalan tiket kereta api di transfer pada hari ke 37. dan setelah saya bertanya ke Customer Service melalui sambungan telephone, memang pengembalian dana pembatalan tiket kereta api maksimal di transfer sampai hari ke 45.
  7. Pastikan formulir pembatalan tiket kereta api jangan sampai hilang sampai pengambilan dana pembatalan tiket kereta api atau sampai dana pembatalan tiket kereta api di transfer. karena jika formulir pembatalan tiket kereta api hilang, maka wajib membawa surat kehilangan dari kepolisan. jadi biar tidak repot, simpan baik-baik formulir bukti pembatalan tiket kereta api sampai dana kembali ke anda.
  8. Jika sampai hari ke 45 untuk pengembalian dana pembatalan tiket kereta api anda belum di transfer (jika anda memilih metode transfer) anda bisa menanyakan ke Customer Service di nomor Contact Center 121 atau jika melalui ponsel bisa menghubungi 021-121 atau anda juga bisa menghubungi Customer Service kereta api di stasiun kereta api terdekat.
  9. Jika sampai 3 tahun dana pengembalian pembatalan tiket kereta api tidak di ambil oleh si pemohon, atau tidak melapor bahwa ada gagal transfer maka dana pengembalian pembatalan tiket kereta api sepenuhnya menjadi milik Kereta Api Indonesia.
Demikian informasi Cara Pembatalan Tiket Kereta Api dengan mudah Dan Syarat Membatalkan Tiket Kereta Api agar di baca dengan seksama sehingga anda tidak mengalami kesulitan jika akan melakukan pembatalan tiket kereta api. menurut saya, cara paling mudah adalah menggunakan metode transfer bank. dan sebaiknya jika tidak urgent tidak perlu melakukan pembatalan tiket kereta api.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon