23 Februari 2018

Resep Sate Ayam Lezat Nikmat Spesial Bumbu Lumur Kemiri Dan Lalapan Leunca

Di karenakan kondisi cuaca yang selalu saja Hujan, sehingga saya menghabiskan liburan kali ini di Kota Tasikmalaya hanya berdiam di rumah saja.
Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan berkumpul bersama keluarga ternyata memiliki kebahagiaan tersendiri dan waktu menjadi lebih berkualitas. bermain dan bercanda bersama pasangan serta anak-anak di rumah merupakan kesenangan tak terkira dalam hidup. karena saat beranjak dewasa, anak-anak pasti akan meninggalkan kita untuk mengejar mimpi serta cita-cita'nya dalam meraih masa depan mereka.
Dan karena cuaca senantiasa hujan terutama menjelang sore hari, untuk melengkapi menu kuliner bersama keluarga kali ini saya mencoba membuat sate ayam lezat nikmat dengan bumbu lumur kemiri. sepertinya aktivitas bakar membakar di saat cuaca dingin memang paling cocok.

Resep sate ayam lezat nikmat spesial bumbu lumur kemiri, seperti biasa saya dapatkan dari Aplikasi Android kumpulan resep masakan yaitu Cookpad.

Baca : Inilah Aplikasi Android Kumpulan Resep Masakan Paling Lengkap Untuk Traveler Yang Ingin Masak Sendiri

Saya memang paling gemar membuat Sate. saat kumpul keluarga atau saat melakukan Traveling bersama rekan-rekan, saya paling sering membuat kuliner Sate Ayam satu paket dengan Sup Ayam.

Baca : Menikmati Sate Ayam Bumbu Kecap Di Bendungan Kapontori Pulau Buton

Berikut bahan yang di butuhkan untuk membuat Resep Sate Ayam Lezat Nikmat Spesial Bumbu Lumur Kemiri :
  1. Daging Ayam segar 1/2 ekor (porsi untuk 30 tusuk sate irisan daging besar)
  2. Tusuk sate 30 pcs (bisa di beli di warung sekitar anda)
  3. Arang kayu (saya sengaja membakar menggunakan arang kayu karena lebih wangi)
  4. Tiga pcs genteng rumah (saya menggunakan media genteng tanah liat untuk alas membakar)
  5. Tiga siung bawang merah (bawang merah selalu ada di hampir tiap masakan)
  6. Dua siuang bawang putih (bumbu penyedap tradisional alami)
  7. Tiga butir kemiri (kemiri mengandung minyak sehingga aroma sate lebih nikmat)
  8. Garam secukupnya
  9. Seperempat gula merah (gula merah menggantikan fungsi kecap pada bumbu lumur)
  10. Tiga siung cabai rawit (cabai rawit menggantikan fungsi merica pada bumbu lumur)
  11. Aneka lalapan terung, timun, kol dan leunca (lalapan berfungsi sebagai penyegar saat menyantap sate)
  12. Penyedap rasa Masako (masako membuat aroma ayam lebih kuat)
Cara membuat Bumbu Lumur Kemiri Sate Ayam Lezat Nikmat Spesial :
  1. Campurkan bahan bumbu lumur yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai rawit, gula merah serta garam
  2. Proses menghaluskan bumbu lumur Sate Ayam Lezat Nikmat Spesial haruslah menggunakan Cobek Batu atau Ulekan Batu. saya tidak merekomendasikan menghaluskan Bumbu Lumur Kemiri Sate Ayam Lezat Nikmat Spesial menggunakan Blender karena rasa dan aroma bumbu lebih kuat jika di ulek daripada di blender
Proses pelumuran Sate Ayam Lezat Nikmat dengan Bumbu Lumur Kemiri :
  1. Pisahkan daging ayam dengan tulangnya kemudian di potong dadu dengan irisan sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. jika terlalu besar Bumbu Lumur akan susah meresap serta Sate tidak cepat matang. jika potongan daging ayam terlalu kecil maka akan cepat gosong saat di bakar. jadi potongan harus sedang-sedang saja.
  2. Campurkan potongan daging ayam dengan bumbu lumur kemiri
  3. Aduk merata dan diamkan dalam kulkas tetapi bukan di Freezer dalam waktu kurang lebih 6 jam agar bumbu lumur kemiri meresap ke dalam potongan daging ayam
Proses pembuatan tungku tradisional pembakaran Sate Ayam Lezat Nikmat dengan Bumbu Lumur Kemiri :
  1. Proses pembakaran sate ayam kali ini saya menggunakan media genteng tanah liat sebagai alas dan arang kayu karena terbukti, tungku pembakaran sate konsep tradisional membuat aroma sate lebih wangi.
  2. Susun tiga genteng sedemikian rupa tampak seperti pada foto
  3. Nyalakan arang kayu sampai menjadi bara api
Proses pembakaran Sate Ayam Lezat Nikmat dengan Bumbu Lumur Kemiri :
  1. Susun rapih sate ayam di atas tungku bakar
  2. Bakar sate ayam sampai matang dan tidak perlu lagi menggunakan minyak kelapa serta kecap karena sate sudah di campur dengan bumbu lumur yang di dalamnya ada campuran kemiri serta gula merah.
 Sate Ayam Lezat Nikmat Spesial Bumbu Lumur Kemiri siap di hidangkan. saya menikmati Sate Ayam kali ini dengan menggunakan sambal kecap. untuk sambal kecap sepertinya bahan dan cara pembuatan tidak perlu saya jelaskan karena pasti sudah sangat paham. kemudian saya menyantap sate ayam lezat nikmat spesial bumbu lumur kemiri kali ini bersama menu pendamping yaitu lalapan yang terdiri dari terung, timun, kol serta leunca.
Apa itu Leunca ? Leunca adalah tumbuhan yang masuk dalam kategori suku terung-terungan yang biasa di gunakan sebagai sayuran dan lalapan serta ternyata Leunca juga bermanfaat bagi pengobatan. mengenai tanaman Leunca, nanti saya akan bahas pada postingan selanjutnya.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon