Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Sejarah Makam Raja Sao Sao Di Kota Kendari Sulawesi Tenggara

Saya tertarik mengunjungi Makam Raja Sao Sao karena lokasi Makam Raja Sao Sao menurut saya cukup unik.

Keunikan Makam Raja Sao Sao menurut saya adalah dari lokasi yang berada di dalam Kota Kendari Sulawesi Tenggara tepatnya di Jl. Poros Bandara Haluoleo, Lepo Lepo, Baruga, Kota Kendari Sulawesi Tenggara Kode Pos 93116 atau hanya berjarak sekitar 6 -7 KM saja dari Pusat Keramaian Kota Kendari yaitu dari Lippo Plaza Kendari.

 Berikut ini adalah Lokasi Makam Raja Sao Sao di Aplikasi Google Maps :

Keunikan berikutnya dari Makam Raja Sao Sao menurut saya adalah lokasinya yang dekat sekali dengan Jalan Utama serta menyatu dengan pemukiman warga di sekitar. sehingga sekilas, Makam Raja Sao Sao memang tidak terlalu nampak.

 Saya berkesempatan mengunjungi Makam Raja Sao Sao dan mengabadikan lokasi ini dalam video yang saya upload di Channel YouTube Deni Anggoleta 

Makam Raja Sao Sao memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dari masa lampau yaitu kisah Pemerintahan Raja ke sembilan dari abad 18 tepatnya pada tahun 1876 sampai tahun 1928 Raja Sao Sao memerintah Kerajaan Laiwoei di Sulawesi Tenggara.

Pada masanya, Raja Sao Sao adalah sosok Raja yang mampu mempersatukan berbagai kerajaan lain di wilayah Sulawesi Tenggara serta sangat terbuka dengan kedatangan suku lain dari luar Sulawesi Tenggara.

Keberadaan Makam Raja Sao Sao di Kota Kendari Sulawesi Tenggara sudah terbukti keasliannya sehingga tempat ini kemudian menjadi Situs Cagar Budaya.

Setelah Raja Sao Sao wafat, kemudian Pemerintahan di lanjutkan oleh Raja Tekaka dari Tahun 1925 sampai Tahun 1955. sementara untuk Makam Raja Tekaka berada di TPU Punggolaka Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

Posting Komentar untuk "Inilah Sejarah Makam Raja Sao Sao Di Kota Kendari Sulawesi Tenggara"