Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Yang Harus Di Lakukan Jika Akun Tokopedia Anda Bocor Karena Di Bobol Hacker

Beberapa waktu yang lalu sekitar tanggal 03 Mei 2020 beredar kabar di Media Online Detik.com mengenai Siapa Hacker Yang Bobol Data Data Jutaan Akun Tokopedia ?

Dan Artikel terkait kabar tersebut di atas, juga sudah pernah saya tulis di Blog ini dengan Judul Artikel : Ini Yang Saya Lakukan Ketika Mendengar Kabar Tokopedia Bobol Dan Di Hack Hampir 15 Juta Akun 

Saya cukup perduli dengan kabar Tokopedia Bobol karena saya memiliki akun di Tokopedia dan sering melakukan aktivitas transaksi jual beli di Tokopedia.com

Hari ini, saat saya melakukan akses ke situs Tokopedia melalui Browser Mozilla Firefox, saya mendapatkan pesan peringatan dari Firefox Monitor bahwa email saya yang teregistrasi di Tokopedia telah berpotensi di bobol. dan gak hanya cuma di Tokopedia, ternyata email saya juga sudah berpotensi di bobol pada akun saya di Bukalapak.com dan Situs Canva  

Berikut ini tampilan halaman depan Situs Firefox Monitor dari Browser Mozilla Firefox. pada kotak yang tertulis Masukan Alamat Surel, anda tinggal isi dengan alamat email anda yang teregistrasi di banyak akun seperti Tokopedia, Bukalapak, Canva dan layanan lainnya. maka Firefox Monitor akan menyajikan data terkait adanya potensi pencurian data.


 Setelah saya masukkan alamat email saya, ternyata ada potensi kebocoran data seperti pada gambar di bawah ini :

Email saya terdeteksi mengalami kebocoran di akun saya pada Tokopedia, Bukalapak dan Canva.

Hacker atau si pembobol data telah melakukan aktivitas ilegal pada akun saya seperti tampak pada gambar di bawah ini :

Namun Akun Tokopedia, Bukalapak, dan Canva saya masih tetap aman. karena sepertinya si pembobol data tidak sampai mengambil alih 100 persen kepemilikan akun saya. namun jika di lihat dari potensi kebocoran, Hacker atau data yang di curi sangat sensitif meliputi alamat email, tanggal lahir serta kata sandi. 

Potensi kebocoran data ini sangat berbahaya. dan sesuai anjuran dari Situs Firefox Monitor saya langsung mengambil beberapa langkah pencegahan yaitu :

1. Saya langsung melakukan perubahan kata sandi di akun Tokopedia. kalau di Bukalapak saya cuekin dan di Canva saya cuekin juga karena gak terlalu penting banget.

2. Jika menggunakan kombinasi sandi yang sama untuk beberapa akun layanan online. sebaiknya di ganti saja karena Hacker sudah mengetahui akses anda dan berusaha masuk ke akun milik anda lainnya. dari dulu saya memang menggunakan sandi yang berbeda-beda pada tiap akun online saya. bahkan saya menerapkan sandi sangat rumit pada akun email saya.

3. Mozilla Firefox memang menawarkan layanan Firefox Lockwise untuk menyimpan semua sandi anda. tapi, saya memang gak mudah percaya sama siapapun. sehingga saya mengabaikan tawaran Firefox dengan fitur Firefox Lockwise karena semua sandi saya simpan saja di otak saya. biarlah diri saya sendiri dan Tuhan yang mengetahuinya.

4. Aktifkan fitur otentikasi dua faktor di tiap layanan online anda. saya juga begitu. selain login dengan kata sandi, akan ada OTP yang di kirimkan ke no ponsel saya untuk bisa full login. sehingga cukup aman.

Saran saya, segera identifikasi kebocoran data anda dan lakukan pengamanan semaksimal mungkin. meskipun "No System Is Safe" dan tidak ada yang benar-benar aman di muka bumi ini. namun setidaknya, dengan menerapkan keamanan paling rumit maka Hacker akan semakin lama dan semakin sulit menembus akun online anda.

Posting Komentar untuk "Ini Yang Harus Di Lakukan Jika Akun Tokopedia Anda Bocor Karena Di Bobol Hacker"