Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Faskes Fasilitas Kesehatan BPJS Secara Online Di Aplikasi Mobile JKN

Salah satu pengeluaran yang paling besar adalah pengeluaran biaya kesehatan. jika sedang sakit dan kita harus berobat ke Dokter atau Rumah Sakit, setidaknya kita akan mengeluarkan biaya minimal Rp. 200 Ribu untuk sekali berobat.

Saya sangat perduli kesehatan namun juga tidak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk berobat saat sedang sakit.

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, saya selalu memanfaatkan layanan Fasilitas Kesehatan dari BPJS kesehatan agar bisa berobat secara gratis. karena memang saya juga membayar iuran BPJS kesehatan secara rutin setiap bulan.

Para peserta BPJS kesehatan memang tidak bisa bebas berobat di fasilitas kesehatan kecuali hanya di fasilitas kesehatan sesuai yang tertera pada kartu BPJS kesehatan anda.

Ada banyak sekali Fasilitas Kesehatan seperti Dokter Praktek, Klinik Kesehatan, Puskesmas dan Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan. namun tidak semua Fasilitas Kesehatan memiliki fasilitas pelayanan yang baik. pengalaman saya, saya pernah memilih Fasilitas Kesehatan Dokter Praktek di sekitar tempat tinggal saya. namun, pelayanan Dokter tersebut sangat tidak ramah dan jutek. membuat saya merasa tidak nyaman.

Sudah beberapa kali saya melakukan pindah tempat faskes atau fasilitas kesehatan untuk kartu BPJS saya. biasanya saat akan melakukan proses pindah faskes, saya datang ke Kantor BPJS Kesehatan setempat kemudian lapor dan di cetakkan kartu BPJS Kesehatan baru dengan faskes sesuai yang kita inginkan.

Beberapa waktu ini, saya juga baru saja pindah faskes BPJS Kesehatan ke Klinik Kimia Farma. namun di tengah kondisi pandemi seperti saat artikel ini di tulis, waktu saya datang ke Kantor BPJS Kesehatan oleh petugas Satpam saya di informasikan bahwa saat ini ada pembatasan jumlah pengunjung di Kantor BPJS Kesehatan di karenakan wilayah di sekitar Kantor BPJS Kesehatan tersebut dalam kondisi Zona Merah Wabah Corona.

Kemudian Satpam tersebut memberikan saya beberapa Brosur petunjuk yang berisi Cara Merubah Faskes Fasilitas Kesehatan BPJS Secara Online Di Aplikasi Mobile JKN.

Tadinya saya merasa kurang Sreg. karena sudah biasa tatap muka dengan Petugas BPJS Kesehatan untuk Cara Merubah Faskes Fasilitas Kesehatan BPJS. tetapi karena memang kondisi sedang Pandemi, saya ikuti saja instruksi dari Petugas Satpam tersebut.

Bergegas saya kembali ke tempat tinggal saya, kemudian membuka Ponsel saya dan masuk ke Playstore untuk download Aplikasi JKN Mobile BPJS Online. tampilan di Playstore seperti pada foto di bawah ini :

Supaya tidak salah Download, berikut link Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan : Klik Link Mobile JKN

Setelah terinstal di Ponsel saya maka saya segera membuka Aplikasi Mobile JKN Bpjs Kesehatan dan melakukan registrasi Kartu BPJS Kesehatan milik saya. ini tampilan halaman utama Aplikasi Android Mobile JKN.

Karena saya baru pertama kali menggunakan Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan, maka saya belum memiliki akun Mobile JKN. oleh karena itu saya langsung klik menu Daftar dan di arahkan ke halaman seperti pada di bawah ini :

Menu Pendaftaran Peserta Baru khusus untuk mereka yang memang belum terdaftar secara offline di BPJS Kesehatan.

Menu Aktivasi Akun, khusus untuk mereka yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan baik secara perorangan ataupun perusahaan (karyawan) dan ingin mengaktifkan layanan Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Online.

Karena saya sudah terdaftar di BPJS Kesehatan secara Offline, maka di Aplikasi Mobile JKN saya memilih Menu Aktivasi Akun dan tampil halaman pendaftaran seperti di bawah ini :

Lakukan proses registrasi dengan mengisi semua informasi pada halaman pendaftaran di Aplikasi Mobile JKN atau tampak seperti pada foto di atas kemudian klik Register.

Setelah Proses pendaftaran selesai, segera login di Aplikasi Mobile JKN anda untuk mulai Merubah Faskes Fasilitas Kesehatan BPJS Secara Online Di Aplikasi Mobile JKN.

Ohya berikut foto Cara Register di Aplikasi Mobile JKN :

Beberapa informasi seputar Layanan BPJS Kesehatan bisa di baca di Brosur ini :

Jika sudah bisa Login ke aplikasi Mobile JKN maka pada tampilan awal aplikasi akan seperti ini :


Untuk merubah Faskes Fasilitas Kesehatan BPJS secara Online Di Aplikasi Mobile JKN tinggal klik saja menu Ubah Data Peserta, maka akan tampil menu perubahan Faskes seperti ini :


Perubahan Faskes Fasilitas Kesehatan BPJS hanya bisa di lakukan setiap tiga bulan sekali. perubahan dapat di lakukan secara menyeluruh satu keluarga peserta BPJS atau bisa perseorangan atau tiap anggota keluarga beda Faskes.


 

Silahkan anda pilih Fasilitas Kesehatan atau Faskes yang bekerjasama dengan BPJS. setelah selesai memilih ikuti tahapan selanjutnya sampai muncul pesan bahwa perubahan faskes fasilitas kesehatan BPJS sudah berhasil seperti pada gambar di bawah ini.

Demikian Cara Merubah Faskes Fasilitas Kesehatan BPJS Secara Online Di Aplikasi Mobile JKN semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Merubah Faskes Fasilitas Kesehatan BPJS Secara Online Di Aplikasi Mobile JKN"