Ini Yang Saya Lakukan Ketika Mendengar Kabar Tokopedia Di Hack Hampir 15 Juta Akun

Saya memang sudah lama menggunakan Tokopedia untuk berbelanja secara online. bahkan saya juga memiliki akun jualan di Tokopedia, karena Tokopedia adalah Marketplace paling ramai di indonesia. beberapa jam yang lalu saya mendapatkan informasi bahwa Tokopedia telah di Hack dan terjadi indikasi kebocoran data lebih dari 14 juta akun penggunanya. saya langsung melakukan antisipasi.
Foto : Thinkstock

Pertama kali saya mendapatkan informasi mengenai Tokopedia di Hack dan terjadi kebocoran data adalah beberapa jam yang lalu melalui Trending Topik di twitter. kemudian saya melakukan Googling dan ada informasi mengenai Siapa Hacker Yang Bobol Data Jutaan Akun Tokopedia di situs Detik.com

Baca : Siapa Hacker Yang Bobol Data Jutaan Akun Tokopedia ?

Inilah beberapa langkah Yang Saya Lakukan Ketika Mendengar Kabar Tokopedia Di Hack Hampir 15 Juta Akun :

1. Melalui Browser Aman yaitu Google Chrome yang sudah saya update, saya langsung melakukan Login di Akun Tokopedia saya untuk segera mengganti Password lama dengan Password baru dalam kombinasi lebih rumit.

2. Saya melakukan aktivasi OTP (One Time Password) yang mana fitur OTP adalah fitur keamanan tingkat tinggi di saat kita Login ke Akun Tokopedia maka setelah memasukkan Password maka sistem Tokopedia akan mengirimkan SMS atau Pesan WhatsApp Kode unik untuk bisa Login ke Akun Tokopedia. fitur OTP memberi ruang sempit bagi para Hacker untuk melakukan akses ilegal ke Akun Tokopedia kita karena kode OTP hanya di kirimkan ke nomor Ponsel terdaftar yaitu nomor Ponsel pribadi kita. ingat jangan memberi tahu kode OTP kepada siapapun dan jaga Ponsel anda jangan sampai hilang. jika Ponsel anda hilang segera lakukan blokir nomor kartu Ponsel anda.

3. Pada menu pembayaran di Akun Tokopedia saya, sebelumnya saya sudah menautkan Kartu Kredit saya untuk metode pembayaran lebih cepat. sebagai antisipasi, kini tautan Kartu Kredit saya di Akun Tokopedia saya telah saya putus atau non aktif. fitur menautkan atau menghubungkan Kartu Kredit pada menu pembayaran di Akun Tokopedia berfungsi untuk metode pembayaran lebih cepat saat berbelanja tanpa harus mengetikkan nomor Kartu Kredit lagi. namun demi alasan keamanan, tautan tersebut saya putus atau di non aktifkan.

4. Demi alasan kemanan, saat ini saya menggunakan Akun Tokopedia hanya sebatas untuk berjualan saja tetapi tidak untuk berbelanja. karena saya lebih sering melakukan aktivitas belanja di Marketplace Shopee.

5. Ada 2 rekening Bank saya yang terhubung dengan Akun Tokopedia namun saat ini, saya hanya menghubungkan rekening BCA saya ke Akun Tokopedia karena BCA memiliki keamanan tingkat tinggi.

6. Saat masuk di menu Aktivitas Login Perangkat di Akun Tokopedia saya, terdeteksi ada beberapa aktivitas Login yang mencurigakan melalui Ponsel Android dan terdeteksi di akses dari daerah Bontang serta Sembakung ID. serta beberapa Aktivitas Login mencurigakan dari IP Address asing lainnya. sehingga saya melakukan langkah "Keluar Dari Semua Perangkat" untuk keamanan Akun Tokopedia saya.

7. Melakukan aktivasi PIN Tokopedia berupa 6 digit PIN rahasia untuk lebih meningkatkan keamanan akun saat melakukan transaksi.

8. Jika harus melakukan transaksi pembelian di Tokopedia. saya hanya memilih menggunakan metode pembayaran sistem transfer bank agar lebih aman dan meminimalisir pembobolan data saya.

9. Hanya melakukan akses Akun Tokopedia dari perangkat yang saya miliki dan tidak melakukan aktivitas Login ke Akun Tokopedia di perangkat publik seperti Warnet.

10. Tidak melakukan akses ke Akun Tokopedia dengan menggunakan koneksi internet yang terhubung dengan WIFI umum bukan WIFI pribadi.

Demikian 10 hal Yang Saya Lakukan Ketika Mendengar Kabar Tokopedia Di Hack Hampir 15 Juta Akun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ini Yang Saya Lakukan Ketika Mendengar Kabar Tokopedia Di Hack Hampir 15 Juta Akun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel