Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suasana Alami Pedesaan Di Buruan Lega Desa Kujang Ciamis Jawa Barat Yang Asri Sejuk

 Pada perjalanan kali ini, saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Rumah salah seorang kerabat di Ciamis Jawa Barat, tepatnya di Desa Kujang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Kebetulan kerabat saya ini mendiami area perkebunan yang di jadikan lahan untuk bercocok tanam, berkebun serta memelihara ikan di kolam dan memelihara ayam petelur. 

 Lokasi kediaman kerabat saya ini terletak di daerah Buruan Lega yang masih di dalam Desa Kujang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Suasana di Buruan Lega Desa Kujang Cikoneng Ciamis Jawa Barat memang cukup asri dan masih alami. susananya tenang banget karena memang jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya cukup berjauhan.

Dari Jalan utama di Buruan Lega, kendaraan saya parkir di rumah salah satu warga di tepi jalan karena motor tidak bisa masuk ke lokasi kediaman kerabat saya dan harus berjalan kaki sekitar 1.5 KM melintasi area perkebunan, sawah dan sesekali melintas di depan rumah warga yang memang masih sangat jarang.

Lokasi Buruan Lega masih belum terdeteksi di Google Maps, karena kemarin saat berkunjung saya juga lupa mendaftarkan lokasi kediaman kerabat saya di Google Maps.

Baca : Cara Menambahkan Tempat Di Google Maps Dan Merubah Pin Lokasi Tempat Yang Salah 

Namun ada titik google maps yang sudah mendekati lokasi perkebunan kerabat saya yaitu titik "Seblak Mama Yeuh Buruan Lega" atau silahkan lihat titik di bawah ini :

 Dengan berjalan kaki, saya anggap olahraga sembari menikmati sejuknya suasana Desa yang masih alami.

Setibanya di rumah kerabat saya, sudah berkumpul juga saudara yang lain dan kali ini memang kami membuat acara kumpul keluarga dan makan bersama istilah dalam bahasa sunda adalah Botram.

Botram merupakan istilah kata dalam Bahasa Sunda yang memiliki arti dan makna tradisi makan bersama biasanya nasi liwet, sayur, ikan goreng atau ikan bakar yang semuanya di campur menjadi satu di atas daun pisang utuh yang di gelar di lantai. Botram di lakukan bersama-sama biasanya anggota keluarga besar untuk tujuan kebersamaan dan mengikat tali silaturahmi serta persaudaraan.

Pada acara kali ini, kerabat saya sengaja melakukan pembedahan kolam ikan air tawar di depan rumahnya yang ikannya langsung di tangkap serta di goreng dan di santap bersama dalam acara Botram.

Saya juga melakukan aksi bedah kolam ikan air tawar serta menangkap ikan dengan jaring, ini kegiatan yang sangat seru serta langka. hampir seharian saya menghabiskan waktu di rumah kerabat saya ini dan menjelang sore, saya bergegas kembali ke Kota Tasikmalaya.

Suasana Alami Pedesaan Di Buruan Lega Desa Kujang Ciamis Jawa Barat Yang Asri Sejuk sebenarnya merupakan Potensi Wisata Desa yang menurut saya perlu di lestarikan untuk para wisatawan lebih mengenal alam pedesaan. 

Sedikit informasi mengenai Desa Kujang merupakan salah satu desa yang paling sejuk di kecamatan cikoneng kabupaten caimis jawa barat.

Desa Kujang Cikoneng Ciamis Jawa Barat memiliki jumlah penduduk 5.229 jiwa dengan luas Desa Kujang Cikoneng Ciamis hanya 2.55954 KM persegi.

Tingkat kepadatan penduduk di Desa Kujang Cikoneng Ciamis Jawa Barat masih sangat kurang sehingga Desa Kujang Cikoneng Ciamis Jawa Barat masih sejuk dan alami karena masih banyak areal perkebunan dan hutan rakyat.

Posting Komentar untuk "Suasana Alami Pedesaan Di Buruan Lega Desa Kujang Ciamis Jawa Barat Yang Asri Sejuk"