30 November 2018

Cara Menambahkan Tempat Di Google Maps Dan Merubah Pin Lokasi Tempat Yang Salah

Kemajuan tekhnologi digital pada saat ini sudah sedemikian pesatnya. penggunaan internet di berbagai ruang kehidupan sudah menjadi piranti pokok bagi banyak orang. semua mengandalkan internet dan salah satu aplikasi pencari lokasi dan penunjuk lokasi paling akurat yang banyak di gunakan orang adalah Aplikasi Google Maps.

Dengan adanya Google Maps, mencari tempat di muka bumi ini sudah semakin mudah. jika dulu ada istilah "Malu bertanya sesat di jalan" pepatah itu sudah berganti menjadi "Malu bertanya, tenang ada Google"

Saya pribadi selalu menggunakan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk jalan saat menuju tempat yang belum saya kunjungi. dan saat ini, aplikasi Google Maps tidak sekedar menjadi penunjuk jalan saja. namun bagi para pelaku usaha kecil atau UKM atau Usaha Kecil Menengah, sesungguhnya Google Maps memiliki potensi untuk meningkatkan omset penjualan dengan cara mendaftarkan atau memasukkan informasi tempat usaha di dalam aplikasi Google Maps. dan cara memasukkan informasi tempat usaha di aplikasi Google Maps sungguh sangat mudah sekali.

Baca : Google Bisnisku Aplikasi Gratis Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Anda

Berikut adalah cara memasukkan lokasi tempat usaha anda di aplikasi Google Maps agar mudah di temukan oleh pelanggan anda.

1. Buka Aplikasi Google Maps di Handphone Android Anda
2. Untuk menambahkan lokasi tempat usaha anda agar segera di approve oleh Google Maps pastikan anda memang benar berada di lokasi tempat usaha anda berada, aktifkan GPS di Handphone Android anda serta titik biru penunjuk lokasi di aplikasi Google Maps anda telah sesuai dengan lokasi di mana anda berada.
3. Untuk mulai menambahkan tempat usaha anda di aplikasi Google Maps, silahkan klik titik lokasi koordinat biru sehingga muncul seperti ini :
4. kemudian silahkan anda klik tulisan Lihat tempat-tempat di sekitar, kemudian akan muncul seperti ini
5. Ikon tambahkan tempat ini ada berada di posisi paling ujung, karena pada saat anda klik tulisan Lihat tempat-tempat di sekitar, yang muncul pertama kali adalah tempat-tempat di sekitar anda yang sudah terdaftar di aplikasi Google Maps. geser terus sampai ujung sampai anda menemukan tulisan Tambahkan tempat seperti pada contoh foto di atas. setelah ketemu, klik saja tulisan Tambahkan tempat untuk mulai mendaftarkan lokasi dan tempat usaha anda
6. Silahkan isi informasi lokasi dan tempat usaha anda selengkap dan seakurat mungkin agar segera di approve oleh team Google Maps, sehingga lokasi tempat usaha anda akan segera di tayangkan di aplikasi Google Maps untuk memudahkan pelanggan anda menemukan tempat usaha anda.
setelah selesai mengisi semua informasi, silahkan klik tanda pesawat kertas di pojok kanan atas samping tulisan Tambahkan Tempat. setelah itu maka pendaftaran lokasi dan tempat usaha anda akan di review oleh team Google Maps. jika sudah di setujui maka akan ada pemberitahuan melalui email dan notifikasi pada aplikasi Google Maps yang terinstal di Handphone Android anda.


Pada postingan kali ini saya juga akan berbagi cara bagaimana memperbaiki PIN lokasi yang salah untuk tempat usaha yang sudah di daftarkan pada aplikasi Google Maps namun PIN lokasi tidak berada pada tempat yang seharusnya.

Sebagai contoh, saya menggunakan lokasi Pizza Hut Kendari. 
Karena saya sedang tidak berada di lokasi Pizza Hut Kendari, maka untuk menemukan lokasi Pizza Hut Kendari saya menggunakan metode pencarian lokasi pada kota pencarian di aplikasi Google Maps. namun bagi anda yang memang ingin memperbaiki letak PIN lokasi tempat usaha anda atau lokasi apapun yang terdaftar di Google Maps, saya sarankan anda tidak menggunakan metode pencarian di kota pencarian namun anda harus berada di lokasi yang akan anda perbaiki letak PIN lokasinya di aplikasi Google Maps agar segera di approve oleh team Google Maps.
Langkah selanjutnya klik saja tulisan Pizza Hut Restoran untuk melihat informasi lebih detil terkait lokasi ini. sekali lagi ini hanya simulasi saja. setelah di klik, maka akan muncul informasi lengkap seputar Pizza Hut Restoran Lippo Plaza Kendari seperti tampak pada contoh foto di bawah ini :
Untuk mulai memperbaiki PIN lokasi yang salah atau tidak berada pada lokasi sesungguhnya silahkan kilk tulisan Sarankan edit, maka akan muncul seperti ini :
Silahkan klik tulisan Ganti nama atau detail lainnya dan akan muncul seperti ini :
Untuk mulai memperbaiki PIN lokasi sesuai dengan titik lokasi sesungguhnya silahkan klik tulisan Update lokasi di peta, kemudian akan muncul seperti ini :
Silahkan anda geser PIN lokasi yang berwarna merah ada titik hitam di tengahnya. geser peta atau PIN merah ke lokasi yang benar. setelah selesai, silahkan klik tulisan OKE di sudut kanan atas samping tulisan Geser peta ke lokasi yang benar. setelah itu hasil edit PIN lokasi akan di tinjau terlebih dahulu oleh team Google Maps. jika sudah di setujui, akan ada pemberitahuan melalui email anda dan notifikasi dari aplikasi Google Maps yang terinstal di Handphone Android anda.

Beberapa Tips agar penambahan lokasi serta edit lokasi di Google Maps segera di setujui oleh pihak Google Maps adalah sebagai berikut :
  1. Saat anda akan menambahkan lokasi maupun edit info lokasi di aplikasi Google Maps, pastikan bahwa anda memang sedang berada di lokasi yang akan di tambahkan atau yang akan di edit di Google Maps
  2. Saat proses penambahan lokasi maupun memperbaiki lokasi yang salah, pastikan sinyal Handphone Android anda dalam kondisi terbaik serta titik koordinat biru di aplikasi Google Maps anda berada sesuai dengan lokasi anda. jika kondisi sinyal dan titik koordinat pada aplikasi Google Maps anda masih belum dalam kondisi sempurna silahkan lakukan refresh sampai benar-benar dalam kondisi akurat dan terbaik
  3. Pastikan informasi penambahan lokasi maupun edit lokasi adalah informasi yang tepat dan sesungguhnya. masukkan foto lokasi adalah foto yang sesungguhnya dan foto tersebut anda jepret dari Handphone anda sendiri. bukan foto milik orang lain yang anda ambil dari pencarian Google atau dari Sosial Media seperti facebook.
  4. Pengalaman saya saat menambahkan lokasi di aplikasi Google Maps yang paling cepat di setujui oleh Google Maps adalah tempat-tempat yang menjual kuliner seperti warung makan, restoran, cafe, warung kuliner kaki lima serta tempat makan lainnya. untuk tempat bisnis seperti hotel, SPBU, wisma, toko kelontong, toko serba ada, toko pakaian dan unit bisnis lainnya yang bukan kuliner memang membutuhkan waktu peninjauan oleh team Google Maps. lamanya waktu peninjauan tidak terbatas, ada yang cepat ada juga yang sampai membutuhkan waktu berbulan-bulan.
Demikianlah artikel  Cara Menambahkan Tempat Di Google Maps Dan Merubah PIN Lokasi Tempat Yang Salah. pada artikel selanjutnya saya akan membahas lebih detail lagi mengapa tempat usaha anda harus di daftarkan di aplikasi Google Maps dan bagaimana cara agar tempat usaha anda menjadi lebih populer di aplikasi Google Maps demi meningkatkan omset penjualan anda.


Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon