Inilah Ketentuan Aturan Bagasi Gratis Dan Bagasi Berbayar Dari 6 Maskapai Penerbangan Di Indonesia

Informasi mengenai Ketentuan Bagasi Dari 6 Maskapai Penerbangan Di Indonesia berdasarkan data update 21 Desember 2020. seperti di rangkum dari Kompas Travel Inilah Ketentuan Bagasi Dari 6 Maskapai Penerbangan Di Indonesia.
Saat hendak liburan untuk masa beberapa hari, minggu ataupun bulan tentunya kita akan membawa Bagasi yang banyak apalagi jika liburan atau Traveling Keluarga.
Info Gambar di atas saya ambil dari salah satu artikel yang tayang di situs keepo mengenai Info Lengkap Aturan Bagasi Terkini Maskapai Penerbangan Di Indonesia

Karena saat ini banyak maskapai penerbangan di indonesia yang menerapkan Bagasi Berbayar, maka anda harus memperhatikan aturan bagasi dan biaya bagasi yang di terapkan oleh masing-masing Maskapai Penerbangan Di Indonesia agar tidak terkejut dengan biaya bagasi akibat terlalu over.

1. Garuda Indonesia
Pada Maskapai Garuda Indonesia menetapkan aturan untuk Bagasi tidak terdaftar atau yang di bawa masuk ke dalam pesawat serta di taruh pada kabin, beratnya tidak melebihi 7 Kg, dengan ukuran panjang Bagasi Kabin 56 cm, lebar 36 cm dan tebal 23 cm serta jumlah dari seluruh dimensi jtersebut tidak lebih dari 115 cm serta berat tidak lebih dari 7 kg.
Namun aturan Bagasi Kabin pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia ada pengecualian di Pesawat jenis Class CRJ dan ATR, yaitu dengan batas maksimum adalah panjang 41 cm. lebar 34 cm dan tebal 17 cm dengan jumlah keseluruhan dari dimensi adalah 92 cm dengan berat tidak melebihi 7 kg.

Untuk kategori Bagasi Beban berbayar, Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia menerapkan aturan untuk penerbangan domestik penumpang First Class mendapatkan gratis bagasi hingga 40 kg, untuk penumpang kelas bisnis mendapatkan gratis 30 kg dan penumpang kelas ekonomi mendapatkan gratis bagasi 20 kg.

Untuk anak-anak serta bayi pada penerbangan First Class, kelas ekonomi dan kelas bisnis juga mendapatkan bagasi gratis.

Secara umum ketentuan Bagasi Bawaan Penumpang di Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia, untuk jatah Bagasi Terdaftar Gratis pada penumpang First Class mendapat 20 Kg Bagasi Gratis, untuk penumpang kelas Bisnis mendapat 10 Kg Bagasi Gratis. pada rute penerbangan internasional, beratnya lebih besar dari rute penerbangan domestik.

2. Lion Air
Sejak 1 September 2019 Maskapai Penerbangan Lion Air memberikan peraturan untuk Bagasi Terdaftar tidak ada yang gratis atau 0 Kg. artinya ketika anda menumpang Maskapai Penerebangan Lion Air dan memerlukan fasilitas Bagasi untuk barang tambahan maka anda akan di kenakan biaya Bagasi saat proses Check-in.

Tarif Bagasi Berbayar pada Maskapai Penerbangan Lion Air di ukur berdasarkan berat, waktu bepergian dan jarak tempuh yang di lalui sehingga Tarif Bagasi Berbayar pada Maskapai Penerbangan Lion Air dapat berubah sewaktu-waktu. dan maksimal jatah Bagasi Berbayar di Maskapai Penerbangan Lion Air adalah 30 Kg. artinya anda tidak bisa membawa barang bawaan dengan kapasitas berlebih di saat terbang bersama Lion Air.

Sedangkan ketentuan Bagasi Kabin atau barang bawaan yang bisa di bawa masuk ke dalam pesawat serta gratis pada Maskapai Penerbangan Lion Air adalah panjang 40 cm, lebar 30 cm, tinggi 20 cm. untuk Bagasi Kabin Gratis pada Maskapai Penerbangan Lion Air berat maksimal 7 Kg.

3. Citilink
Pada Maskapai Penerbangan Citilink maksimal Bagasi Terdaftar adalah 20 Kg dan berbayar serta tidak gratis. Maskapai Penerbangan Citilink mematok tarif Bagasi Berbayar berdasarkan kapan waktu terbang, jarak tempuh serta berat dari barang bawaan penumpang. dan jika terjadi Excesse Baggage atau kelebihan berat bagasi akan di kenakan biaya over dengan tarif di ukur berdasarkan waktu terbang dan jarak tempuh.

Saat ini Maskapai Penerbangan Lion Air memberlakukan maksimal berat Bagasi Berbayar pada jenis pesawat A320 adalah 20 Kg serta pada pesawat jenis ATR adalah 10 kg.

Sedangkan pada penerbangan internasional Maskapai Penerbangan Citilink memberlakukan Bagasi Berbayar maksimal hanya 10 kg saja.

Untuk Bagasi Kabin Gratis atau barag bawaan yang bisa di bawa masuk ke dalam pesawat pada Maskapai Penerbangan Citilink memberlakukan berat tidak lebih dari 7 kg dengan dimensi
56x36x23 cm untuk jenis pesawat A320 dan dimensi 41x34x17 cm untuk jenis pesawat ATR.

4. Sriwijaya
Pada Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air sejak 1 Maret 2019 mulai mengurangi kuota bagasi gratis yang di berikan kepada para penumpang mereka.

Untuk kelas ekonomi Bagasi Gratis Terdaftar dari 20 Kg turun menjadi 15 Kg dan untuk jenis pesawat ATR Bagasi Gratis turun dari 15 kg menjadi 10 kg saja.

Peraturan Bagasi Kabin atau barang bawaan yang bisa di bawa masuk ke pesawat tidak boleh melebihi ukuran dimensi yang sudah di tetapkan yaitu 56 cm x 33 cm x 23 cm serta berat maksimal 7 kg.

5. Air Asia
Maskapai Penerbangan Air Asia hanya memberikan fasilitas Bagasi Terdaftar gratis dengan berat maksimal 15 kg dan hanya untuk rute penerbangan domestik saja. dan jika terjadi Over Bagasi maka anda akan di kenakan tarif sesuai ketentuan dari Maskapai Penerbangan Air Asia.

Untuk fasilitas Bagasi Kabin atau barang bawaan yang bisa di bawa masuk ke dalam pesawat adalah dengan dimensi 56 cm (tinggi) x 36 cm (lebar) x 23 cm (panjang) dan tidak boleh lebih dari 7 kg.

6.Batik Air
Maskapai Penerbangan Batik Air memberlakukan peraturan untuk kebijakan Bagasi Kabin atau barang bawaan yang bisa di bawa masuk ke dalam peswat tidak boleh melebihi berat 7 kg dan Maskapai Penerbangan Batik Air memberlakukan peraturan bahwa penumpang hanya boleh membawa 1 tas (koper/tas) 1 tas laptop serta 1 tas tangan. sedangkan dimensi tas atau koper utama yang di bawa masuk ke dalam pesawat Batik Air adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Sampai saat ini Maskapai Penerbangan Batik Air masih memberlakukan kebijakan fasilitas Bagasi Terdaftar Gratis maksimal 20 Kg untuk semua rute penerbangan.

Sepanjang pengalaman saya, untuk Bagasi Terdaftar Berbayar serta Gratis memang sangat di cek sekali pada saat proses checkin. namun untuk Bagasi Tidak Terdaftar atau barang bawaan yang boleh di bawa masuk ke dalam pesawat, tidak benar-benar di cek secara detil. kebanyakan petugas maskapai maupun petugas bandara hanya melihat secara visual saja. saya juga pernah beberapa kali terbang dengan Pesawat Lion Air dengan membawa tas lebih dari satu masuk ke dalam pesawat. yang penting harus pintar dalam memilih tas serta packing harus simpel dan rapih.

Meskipun saya ;tetap menyarankan anda untuk mengikuti peraturan dari tiap Maskapai Penerbangan mengenai ketentuan Bagasi Gratis, bagasi Berbayar, dan Bagasi Tidak Terdaftar.

Dan sejujurnya setiap Travelig memang saya selalu berusaha untuk tidak terlalu banyak membawa barang bawaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Ketentuan Aturan Bagasi Gratis Dan Bagasi Berbayar Dari 6 Maskapai Penerbangan Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel