15 Februari 2015

Misteri Naga Di Pantai Kamali Kota Bau Bau Pulau Buton

Traveling kali ini, saya mendarat di Pulau Buton tepatnya di Kota Bau Bau sebagai pusat pemerintahan Pulau Buton. saya masuk lewat jalur udara via Pesawat Garuda Explore Rute Makassar - Pulau Buton. kesan pertama dalam fikiran saya, Pulau ini terlihat agak sedikit "Misteri".
Di pusat kota terdapat keramaian bernuansa Pasar Malam pinggir pantai. namanya Pantai Kamali. setiap malam, banyak para pedagang maianan anak, pakaian serta jajanan dan tempat Ngopi "Saraba" ada di sini. kalau bawa Balita, jangan khawatir. tersedia aneka permainan anak di sini.

Ada yang sedikit berbeda di pantai ini. terdapat Patung Naga hijau dengan tinggi mencapai 5 Meter lebih. Patung Naga ini Favorit tempat para pengunjung berfhoto ria. Naga merupakan hewan populer di kota Bau Bau. dan Patung Naga di Pantai Kamali seolah hanya kepalanya saja, karena patung ekornya terdapat jauh 5 KM dari patung kepala Naga. di buat agar terkesan perut Patung Naga tertanam dalam bumi di kota Bau Bau Pulau Buton.

Kepercayaan Masyarakat Pulau Buton, Naga merupakan simbol hubungan di masa lalu antara Kesultanan Buton dengan Imperium China. Keberadaan simbol Naga di Pulau Buton, merupakan simbol dari masa lalu bahwa kehadiran dan eksistensi Bangsa China pernah hadir di jaman kerajaan dulu.
Misalnya dengan kehadiran seorang Laksamana Mongol bernama Dungku Changia dalam urusannya memburu Raja Kertanegara di jaman Singosari. Laksamana Dungku Changia juga sangat berperan dalam pembentukan Keajaan Buton.
Ada juga cerita yang berkembang bahwa di Pulau Buton pernah hidup Hewan menyerupai Naga bernama "Lawero" yang menurut sebagian orang itu hanya Mitos.
Yang jelas, Patung Naga ini eksis di sekitar Pantai Kamali. geliat keramaian di mulai dari pukul 5 sore sampai tengah malam menjelang. Pulau Buton, Pulau yang dalam benak saya masih "Misteri"

Travel Blogger Indonesia

4 comments

kalau boleh dijelaskan simbol naga itu artinya/maknanya apa?

La Rasidi terimakasih atas kunjungan anda. untuk pertanyaan anda akan segera saya jawab pada artikel selanjutnya.

BW gan.. http://lukmanvivo.blogspot.com/2016/10/game-asphalt-8-airbone--mega-mod.html

Siap mas Lukman :) BW Back is Done. salam silaturahmi satu blogger.


EmoticonEmoticon