Arti Di Balik Tradisi Bancakan Makan Bersama Yang Populer Di Daerah Jawa Barat

Ada satu tradisi yang sangat populer di wilayah Jawa Barat yaitu tradisi Bancakan makan bersama dengan cara lesehan dan makanan beralas Daun Pisang utuh atau Daun Pisang lebar.
Tradisi Bancakan makan bersama di Jawa Barat di lakukan agar satu sama lainnya semakin akrab dan ada makna silaturahmi yang mendalam serta patut di lestarikan.

Bancakan adalah cara menikmati makanan secara bersama-sama dalam satu tempat dan biasanya menggunakan Daun Pisang yang masih utuh dari Pohonnya.

Acara Bancakan makan bersama di Jawa Barat biasanya di lakukan saat sedang kumpul keluarga maupun pada acara Selamatan serta acara masal lainnya. Menurut cerita yang berkembang di Masyarakat Jawa Barat, bahwa Tradisi Bancakan makan bersama merupakan perlambang atau simbol dari ungkapan rasa syukur.
Dalam tradisi Bancakan makan bersama tidak ada perbedaan jenjang serta status sosial dan semua adalah sama, karena Tradisi Bancakan Makan Bersama dengan alas daun pisang utuh mencerminkan kerukunan serta semangat gotong royong yang begitu erat di kalangan Masyarakat Jawa Barat.

Dan Tradisi Bancakan Makan Bersama Yang Populer Di Masyarakat Jawa Barat adalah menu spesial berupa nasi liwet ada juga lauk berupa ikan teri, ayam goreng, ikan asin, tahu, tempe, lalapan, urap hingga sambal.

Menurut Saya, Tradisi Bancakan Makan Bersama yang sangat populer  Di Masyarakat Jawa Barat sangat perlu di lestarikan sepanjang jaman sebagai alat pemersatu serta mempererat tali silaturahmi antar individu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Arti Di Balik Tradisi Bancakan Makan Bersama Yang Populer Di Daerah Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel