9 Maret 2019

Pesona Rumah Kuno Tempo Dulu Di Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat

Pengalaman saya saat mengunjungi beberapa kota serta desa di wilayah Jawa, beberapa arsitektur bangunan di sudut kota maupun rumah penduduk di Desa terkadang saya menemukan bangunan-bangunan kuno yang sekilas menceritakan sejarah masa lalu.

Seperti kali ini saat saya berada di salah satu Desa yang ada di wilayah Jawa Barat yaitu Desa Wanasigra yang terletak di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat, saya menemukan beberapa rumah kuno tempo dulu yang arsitekturnya seperti menceritakan sejarah pada masa lalu.

Ulasan mengenai keberadaan Rumah Kuno Ciamis memang pernah di angkat dalam satu artikel di situs Detik Travel.

Baca : Kisah Rumah Kuno Ciamis Yang Pernah Menjadi Markas Belanda

Bangunan rumah kuno peninggalan masa kolonial belanda memang sampai saat ini masih berdiri kokoh di beberapa tempat di sekitar Kabupaten Ciamis Jawa Barat. bahkan beberapa di antaranya masih menjadi hunian penduduk dengan kondisi bangunan yang masih sangat kuat.

Bangunan rumah kuno bergaya china eropa banyak di temukan di wilayah kecamatan Sindangkasih serta Cikoneng Ciamis Jawa Barat.
Berdasarkan cerita yang bekembang, rumah kuno yang banyak di temukan di Kabupaten Ciamis di bangun sekitar tahun 1920 sampai 1930.

Seperti rumah kuno yang saya foto di Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat, tercetak tahun 1933 pada atas pintu utama. jika hitung, keberadaan rumah ini hampir mencapai satu abad atau 100 tahun lamanya. tentunya, ada banyak kisah dan sejarah yang di lalui. kabarnya, rumah kuno ini sudah berpindah tangan dari beberapa pemilik.

Cerita masyarakat sekitar menyebutkan bahwa pada masa lalu, di wilayah Sindangkasih dan Cikoneng terkenal dengan Tembakau serta Kain batik. dan keberadaan rumah kuno tersebut dulunya di miliki oleh para juragan batik dan tembakau.
Kabarnya para peneliti bangunan kuno pada tahun 2016 yang sempat mengadakan riset di sekitar kecamatan Sindangkasih dan Cikoneng termasuk Desa Wanasigra menyimpulkan bahwa, Arsitektur Rumah Kuno di Sindangkasih dan Cikoneng Ciamis Jawa Barat lebih bergaya Eropa dan China. ini terlihat dari kaca depan rumah yang berwarna warni serta tembok berupa susunan batu besar dengan motif ukiran cat hitam putih khas bangunan eropa.

Tidak harus secara jelas mengikuti cerita sejarahnya, begitu saya menatap rumah-rumah kuno di Desa Wanasigra Sindangkasih Ciamis Jawa Barat, seolah bangunan ini menyajikan cerita sejarah masa lalu dengan sejuta makna di dalamnya.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon