30 Desember 2017

Resep Pisang Goroho Yang Enak Dan Praktis Senikmat Pisang Goroho Asli Manado

Sekitar tahun 2011 saya pernah melakukan Traveling di Kota Manado Sulawesi Utara. bahkan saya menghabiskan waktu sekitar 2 tahun lamanya berada di Kota Manado dan sempat menyambangi beberapa kawasan wisata di Kota yang terkenal dengan Ikan Cakalang dan kuliner Bubur Manado.

Baca : Eksotisme Bukit Kasih Di Sulawesi Utara

Saat berada di Kota Manado, saya juga pernah menyebrang ke satu Pulau Terpencil tanpa penghuni dan masih cukup alami. namanya Pulau Lihaga.

Baca : Pulau Lihaga, Pulau Tanpa Penghuni Yang Mirip Syurga

Selain menyajikan wisata alam yang sangat indah, Kota Manado juga menyuguhkan sensasi kuliner yang berbeda. sebut saja Paniki, merupakan Kuliner khas Kota Manado yang di nobatkan sebagai Kuliner Ekstrim di indonesia bahkan di dunia.

Paniki adalah sajian kuliner dengan bahan baku utama daging kelelawar. meskipun, Paniki adalah jenis kelelawar bukan penghisap darah namun Kelelawar Vegetarian. meski terdengar sangat ekstrim, namun bagi yang pernah menyantapnya katanya enak.
Daging kelelawar yang lembut di sajikan dalam bentuk masakan super pedas yang nikmat. Paniki khas Manado, begitu populer di manado.

Baca : Berani Gak, Kamu Makan Masakan Khas Manado Paniki Kelelawar

Kalau Paniki saya memang belum pernah menyantapnya. selain memang tidak biasa, juga terdengar sangat ekstrim bagi saya. namun diantara sekian banyak sajian kuliner di Kota Manado. salah satunya saya sangat menggemari cemilan khas Kota Manado Yaitu Pisang Goroho.
Pisang Goroho merupakan kuliner asli Kota Manado Sulawesi Utara. merupakan cemilan yang terbuat dari bahan baku utama yaitu pisang yang di iris tipis namun tidak setipis keripik, meskipun saya bilang mirip keripik namun agak sedikit lebih tebal. kemudian di goreng garing namun tidak segaring keripik pisang dan di santap selagi panas dengan Sambal Roa yang juga merupakan Sambal Uleg Tradisional Asli Kota Manado Sulawesi Utara. Sambal Roa menurut saya mirip dengan Sambal Terasi. namun pada Sambal Roa penggunaan terasi sepertinya lebih sedikit dan porsi tomatnya lebih banyak ketimbang cabai. sehingga Sambal Roa tampak lebih berair. itu sich menurut gambaran saya.
Cemilan Pisang Goroho yang banyak di jajakan di setiap sudut Kota Manado memang di olah dari Pisang yang bernama Pisang Goroho. Tanaman Pisang Goroho adalah spesies pisang yang berasal dari Asia Tenggara. Pisang Goroho yang dalam nama latin di sebut juga Musa acuminata 
memiliki karakteristik tangkai tinggi dengan delapan sisir pisang serta batangnya yang berukuran lebih kecil.

Dulu saya sempat ingin membawa bibit Pisang Goroho untuk di tanam di pekarangan Rumah, namun tertahan di Bandara oleh petugas. di mana petugas bandara memberitahukan kepada saya jika ingin membawa tanaman saat melakukan penerbangan harus melampirkan surat izin dari Dinas Pertanian setempat. sehingga terpaksa bibit Pisang Goroho saya tinggalkan di Bandara Sam Ratulangi Kota Manado kala itu.

Sekian lama setelah saya mengakhiri perjalanan saya di Kota Manado, saya kembali kangen pengen menikmati cemilan Pisang Goroho buatan saya sendiri.
Setelah melakukan beberapa percobaan, akhirnya saya bisa membuat sendiri Pisang Goroho ala Travel Blogger. untuk bahan dasar yang seharusnya menggunakan Pisang Goroho, karena ketiadaan saya menggantinya dengan Pisang Kepok. waktu saya coba browsing di internet, ternyata Pisang Kepok memiliki nama latin yang sama dengan Pisang Goroho. yaitu
Musa Acuminata x Musa Balbisiana. saya dapatkan info ini di situs wikipedia

Oleh karena itu, Cemilan Pisang Goroho yang saya buat dari Pisang Kepok memiliki rasa yang nyaris sama.

Berikut adalah Resep Pisang Goroho Yang Enak Dan Praktis Senikmat Pisang Goroho Asli Manado

Bahan :
  1. Pisang Kepok mentah satu sisir
  2. Minyak Goreng secukupnya
  3. Saos Sambal merk terkenal ( ABC, Indofood, Dlsb )
 Cara Membuat :
  1. Pisang Kepok Mentah ( pastikan pisang yang sudah tua namun masih mentah yaitu kulit berwarna hijau tua ) kupas dan buang kulitnya kemudian di iris tipis namun jangan setipis keripik. setelah di kupas dan di iris tipis agak ketebalan, kemudian di cuci bersih dan tiriskan airnya. 
  2. Panaskan minyak dalam penggorengan. setelah siap menggoreng, masukkan irisan Pisang Kepok kedalam penggorengan dan gorenglah sampai matang yaitu tampak irisan pisang berwarna coklat terang serta renyah.
  3. Angkat dan tiriskan kemudian masukkan ke dalam wadah piring maka cemilan Pisang Goroho berbahan Pisang Kepok sudah siap untuk di nikmati.
 Cara Menyantap :
  1. Santaplah cemilan Pisang Goroho berbahan Pisang Kepok selagi panas-panas hangat. untuk pengganti Sambal Roa, gunakanlah Saos Sambal merk terkenal ( ABC, Indofood, Dlsb ) saya merekomendasikan Saos Sambal merk terkenal karena yang abal-abal biasanya rasa tidak enak.
  2. Anda bisa menyantap cemilan Pisang Goroho berbahan Pisang Kepok sembari menikmati secangkir Kopi di kala sore ataupun pagi hari saat bersantai.
Demikianlah Resep Pisang Goroho Yang Enak Dan Praktis Senikmat Pisang Goroho Asli Manado. meskipun sederhana, tapi percayalah. bahwa cemilan Pisang Goroho berbahan Pisang Kepok tidak kalah nikmat dengan aslinya.
dan tentunya lebih sehat serta lebih nikmat dari cemilan Kentang Goreng yang di beli di Supermarket. selain lebih fresh, cemilan Pisang Goroho berbahan Pisang Kepok tentunya bebas bahan pengawet.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon