27 Agustus 2017

Cara Menggunakan Google Maps Untuk Meningkatkan Popularitas Bisnis Anda

Satu ketika saat saya sedang traveling di seputar kota ciamis jawa barat dan singgah di Pasar sindangkasih, saya mampir di salah satu warung bakso yang memang terletak di samping jalan dan mudah terlihat oleh lalu lalang kendaraan umum.

Sepertinya warung bakso ini belum lama membuka usahanya. bisa di lihat dari banner yang di pasang, etalase penjualan serta meja dan kursi di dalamnya juga masih tampak baru sehingga menarik minat saya untuk singgah. alasan saya cukup simpel, penasaran pengen cobain warung bakso baru. siapa tau baksonya enak. saya memang seperti itu, suka sesatu yang baru. dan kebanyakan orang juga sama seperti saya, suka sesuatu yang baru. tempat baru biasanya bersih, dan hampir semua orang suka makan di tempat yang bersih.
 Di dalam warung bakso yang memang tidak terlalu luas, daftar menu di cetak besar-besar dalam bentuk banner dan di tempel pada dinding. aneka bakso dan minuman di tawarkan dalam harga yang masuk akal serta relatif terjangkau. kala itu, saya memesan semangkuk bakso dan teh botol.
Sembari menyantap semangkuk bakso yang di hidangkan, ada satu poster banner yang tertempel di dinding yang cukup mengundang perhatian saya.
Poster ini sangat unik karena tidak banyak warung bakso atau bahkan sekelas restoran besar yang memasangnya. saya memang sudah terbiasa menjadi pengulas di Google atau tepatnya pada aplikasi Google Maps karena saya bergabung dalam program Google Local Guides.

Baca : Hadiah Diskon 50 Persen Menginap Di Airy Rooms Hotel Bandung Dari Program Google Local Guides

Kemudian saya bertanya kepada pemilik warung bakso tersebut, poster yang bertuliskan "Ulas Kami Di Google" itu cetak sediri atau dari mana ?
menurut pemilik warung bakso poster itu di dapatkan dari seorang petugas yang mengaku dari Google Indonesia dan berkantor di Bandung. dan sepertinya si pemilik warung bakso malah kurang begitu paham mengenai manfaat ulasan di google yang justru bisa meningkatkan popularitas warung baksonya di aplikasi Google Maps.

Lantas, apa sich manfaat dari "Ulasan Di Google" dan apa dampaknya terhadap popularitas bisnis anda ?

baik kita ngobrol aja agak panjang ya di postingan saya kali ini. sekali lagi, saya bukan menggurui namun hanya berusaha menciptakan sebuah diskusi yang bermanfaat. jika nanti anda ternyata memiliki pengalaman yang lebih, anda juga bisa menuangkan pada kolom komentar sehingga diskusi ini bisa menjadi sebuah diskusi menarik dan berguna bagi banyak orang.

ketika anda membuka suatu bidang usaha misalnya Cafe, restoran, Rumah Makan, Laundry, Hotel dan sebagainya. anda akan di hadapkan pada dua jenis pelanggan yaitu Pelanggan Baru Dan Pelanggan Setia.

Pelanggan Baru adalah orang yang tertarik untuk berkunjung ke tempat bisnis anda karena di dasari oleh rasa penasaran dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Pelanggan Baru memiliki sifat yang sangat sensitif dan detil serta memiliki harapan yang lebih. harapan tentang apa ? harapan tentang sebuah rasa kepuasan dari layanan bisnis anda.

Pelanggan Setia adalah Pelanggan Baru yang sudah mendapatkan rasa kepuasan dari layanan bisnis anda sehingga mereka terus kembali dan kembali lagi untuk menggunakan layanan bisnis anda. bahkan pelanggan setia akan dengan sukarela mempromosikan layanan bisnis anda tanpa anda minta. ini di sebut juga promosi dari mulut ke mulut.

Misalnya ketika anda menjual bakso, Pelanggan Baru yang datang ke warung bakso anda adalah orang yang belum pernah merasakan rasa semangkuk bakso anda. sehingga meskipun Bakso anda lezatnya nomor satu di dunia, Pelanggan Baru tidak tahu. saat pertama kali Pelanggan Baru mengunjungi warung bakso anda, penilaian pertama mereka adalah tampilan warung bakso anda. posisi warung yang mudah di temukan, kondisi warung yang bersih serta ramah tamah anda dalam menyapa Pelanggan Baru menjadi penilaian positif pertama yang paling penting. penilaian kedua adalah soal harga. jika harga semangkuk bakso yang anda tawarkan adalah harga yang wajar dan tidak terlalu mahal, maka penilaian positif kedua akan segera anda dapat. penilaian yang terakhir adalah jika rasa semangkuk bakso di warung bakso anda memang sangat lezat, maka penilaian positif ke tiga menjadi penilaian akhir yang menyempurnakan penilaian positif yang pertama dan yang ke dua.

Saat Pelanggan Baru anda merasa puas, bisa di pastikan Pelanggan Baru anda tersebut akan menjadi Pelanggan Setia yang akan terus datang untuk menggunakan layanan bisnis anda. pada tahap ini, anda hanya perlu mengajak Pelanggan Baru atau Pelanggan Setia anda menceritakan perasaan mereka saat menggunakan layanan bisnis anda dalam sebuah ulasan di Google Maps.

Apa pentingnya sebuah "Ulasan Di Google Maps" terhadap bisnis anda ?

Baiklah saya akan coba berbagi mengenai Cara Menggunakan Google Maps Untuk Meningkatkan Popularitas Bisnis Anda.

Google Maps adalah sebuah aplikasi dari Google yang saat ini sangat populer dan di gunakan oleh banyak orang di dunia. Google Maps merupakan Aplikasi resmi yang sangat di andalkan oleh banyak orang untuk navigasi, GPS, lalu lintas, transportasi umum, serta berisi informasi jutaan tempat di dunia ini seperti ulasan secara real time.

Google Maps banyak di gunakan oleh orang saat berkunjung ke tempat yang baru sehingga tidak tersesat. Google Maps juga di gunakan oleh banyak orang untuk menemukan Pusat Perbelanjaan, Restoran, Hotel, Warung Makan, dan tempat umum lainnya. Google Maps akan merekomendasikan tempat-tempat tersebut kepada anda berdasarkan ulasan positif dari orang-orang yang pernah berada di tempat tersebut atau pernah menggunakan layanan bisnis tersebut.

Aplikasi Google Maps biasanya sudah langsung terinstal di Smartphone Android saat pertama kali anda membeli Smartphone tersebut. anda juga bisa mendownload aplikasi Google Maps di Playstore. seperti tampak pada gambar di atas, saat postingan ini di tulis, Google Maps telah di download oleh lebih dari 1 Miliar manusia di muka bumi ini. artinya, saat ini aplikasi Google Maps terinstal di lebih dari 1 Miliar Smartphone. bayangkan jika layanan bisnis anda, jika warung makan anda, jika hotel anda memiliki ulasan positif di Google Maps dan di lihat oleh jutaan pelanggan baru.

Pada era digital seperti saat ini, hampir semua orang menggunakan Google Maps bukan hanya sekedar agar tidak tersesat saat berkendara atau berusaha menemukan rute tercepat untuk bisa sampai pada tujuan mereka. namun ada ratusan ribu bahkan jutaan orang di sekitar anda yang menggunakan Aplikasi Google Maps untuk menemukan Restoran Terbaik, Rumah Makan Paling Lezat, Toko Sembako Paling Lengkap, Hotel termurah serta ternyaman, Cafe paling enak untuk nongkrong dan beberapa tempat umum lainnya. dan semua itu mereka lakukan hanya dari Smartphone mereka. Smartphone saat ini adalah barang yang terus melekat pada diri manusia selayaknya dompet yang tidak pernah di tinggalkan. bayangkan jika layanan bisnis anda hadir dalam gengaman mereka. tentunya layanan bisnis anda akan semakin populer, mudah di temukan dan omset anda akan bertambah.

Google Maps adalah media tempat anda mengiklankan layanan bisnis anda secara gratis tanpa harus membayar biaya apapun dan tidak perlu mengurus izin iklan.

Pada gambar di atas, saat saya melakukan pencarian untuk Kategori Restoran maka Google Maps akan merekomendasikan Restoran terdekat di sekitar saya dan di urutkan berdasarkan ulasan terbanyak serta rating bintang terpopuler dari orang-orang yang pernah berkunjung ke Restoran tersebut. perlu di ketahui, bahwa setiap ulasan suatu tempat di Google Maps akan tertuang dalam bentuk kalimat dan pemberian rating bintang antara bintang satu sampai bintang lima. semakin puas Pelanggan, maka mereka tidak segan-segan untuk memberikan ulasan paling positif. dan faktanya, saat ini banyak orang selalu update di Smartphone mereka terhadap apapun yang dilakukan selama seharian penuh termasuk membuat ulasan-ulasan pada aplikasi Google Maps.

Yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan layanan bisnis anda baik itu Restoran, Rumah Makan, Hotel, Cafe dan lainnya ke dalam Aplikasi Google Maps kemudian ajaklah para Pelanggan anda untuk membuat ulasan layanan bisnis anda di Google Maps. sehingga selain berpotensi mempopulerkan layanan bisnis anda, Google Maps bisa menjadi media Suara Pelanggan dan anda akan semakin mengenali apa yang di rasakan oleh pelanggan anda setelah menggunakan layanan bisnis anda. jika faktanya mereka kurang puas, anda bisa segera melakukan upaya-upaya perbaikan sehingga layanan bisnis anda akan semakin sukses dan omset melimpah.

Pelanggan Adalah Raja, Customer Adalah Raja dan suara mereka adalah masukan positif bagi perkembangan bisnis anda.

Berikut adalah cara mendaftarkan layanan bisnis anda ke dalam aplikasi Google Maps :

Buka aplikasi Google Maps dan pastikan titik biru GPS berada sesuai dengan lokasi anda saat ini
(pastikan memang anda saat ini sedang berada di tempat layanan bisnis anda)
Jika titik biru sudah sesuai dengan lokasi anda saat ini, maka klik titik biru tersebut sampai muncul tampilan seperti pada gambar di atas. kemudian klik Lihat tempat-tempat terdekat.
Terkadang bisa saja layanan bisnis anda sudah muncul sendiri saat anda melakukan klik Lihat tempat-tempat terdekat. ini bisa terjadi karena biasanya ada Pelanggan anda yang secara sukarela mendaftarkan layanan bisnis anda dan memasukkan foto-foto suasana di tempat layanan bisnis anda lengkap dengan ulasan mereka. dan terkadang si pemilik Layanan Bisnis tidak mengetahui hal ini karena saat ini, masih banyak pemilik Layanan Bisnis yang belum mengetahui betapa pentingnya sebuah Digital Marketing. mereka lupa, jika jaman sudah berubah : )

Namun jika layanan bisnis anda belum ada, anda bisa mendaftarkan sendiri. lihat gambar di bawah ini :
Caranya saat anda melakukan klik Lihat tempat-tempat terdekat, kemudian muncul informasi tempat di sekitar anda, geser terus ke arah kiri Smartphone anda sampai menemukan tulisan "Tambahkan Tempat" kemudian klik.
 Isi semua kolom dengan informasi akurat layanan bisnis anda termasuk foto dan kontak agar layanan bisnis anda mudah di temukan. setelah selesai, klik ikon pesawat kertas di samping kanan pojok atas tulisan Tambahkan Tempat. lakukan penambahan tempat layanan bisnis anda ini melalui Smartphone anda. jika layanan bisnis anda sudah di setujui, maka anda akan mendapatkan email balasan dari Google Team yang menginformasikan bahwa Layanan Bisnis anda sudah terdaftar pada aplikasi Google Maps.

Jika Layanan Anda sudah terdaftar di Aplikasi Google Maps. ajaklah semua pelanggan anda untuk memberikan ulasan mengenai Layanan Bisnis anda di Google Maps. anda juga bisa menggunakan cara kreatif misalnya bagi Pelanggan yang memberikan ulasan positif dan rating bintang lima terhadap layanan bisnis anda maka mereka berhak mendapatkan hadiah dari anda berupa diskon misalnya 10 persen atau 20 persen saat menggunakan layanan bisnis anda. anda juga bisa membuat poster "Ulas Bisnis Kami Di Google" atau membuat sticker menarik yang bisa di bagikan kepada Pelanggan Anda.

Saat ini adalah era Digital di mana kemajuan tekhnologi informasi sudah sedemikian pesatnya. cara anda dalam memperkenalkan layanan bisnis anda juga harus berubah dan harus mengikuti perkembangan jaman agar tetap bisa bersaing.

Menggunakan Google Maps Untuk Meningkatkan Popularitas Bisnis Anda adalah cara cerdas untuk tetap terhubung dengan Pelanggan Anda. mendengarkan setiap masukan dari mereka. bukankah setiap orang ingin di dengarkan serta di perhatikan. mulai saat ini, ubah sudut pandang anda terhadap para Pelanggan layanan bisnis anda. bahwa saran dan ide mereka, memang layak untuk di dengar.

Ohya jika anda merasa kesulitan saat ingin mendaftarkan layanan bisnis anda di aplikasi Google Maps, saya dengan senang hati akan membantu anda. silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar, atau anda bisa menghubungi saya di :

SMS - TLP - WA : 0813 7777 4343
email : denianggoleta@gmail.com

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon