14 Juli 2017

Inilah Tips Aman Traveling Menggunakan Transportasi Online

Jujur saya katakan bahwa saat ini, saya lebih suka memesan Ojek Online dan Taksi Online saat bepergian di dalam kota. bahkan saya mendambakan Ojek Online dan Taksi Online bisa hadir di seluruh kota di Indonesia sebagai negara tempat saya tinggal.
Saya hanya berfikir sebagai seorang Customer. layanan Ojek Online dan Taksi Online sangat menjawab kebutuhan saya yang kerap berkeliling kota saat melakukan Urban Traveling. kemudahan, kecepatan, keramahan serta keamanan dan ongkos transportasi yang sangat murah saat menggunakan jasa Ojek Online dan Taksi Online merupakan faktor utama yang membuat saya memilih mereka sebagai layanan transportasi di dalam kota.

Yang paling penting adalah faktor keamanan. karena Nama Pengemudi, Plat Nomor kendaraan pengemudi, profil pengemudi serta rute yang di lalui semua terekam dalam aplikasi. sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, maka akan sangat gampang sekali untuk melacaknya.

Bicara soal tarif, Ojek Online dan Taksi Online seperti Go-jek , Uber Taksi dan Grab Taksi sangat-sangat murahnya. bahkan saya pernah menggunakan jasa Ojek Online Uber Taksi saat sedang traveling di kota Bandung dengan jarak tempuh 4 KM hanya membayar sebesar Rp. 1000

Baca : Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Taksi Online Uber Taxi

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapatkan saat menggunakan Ojek Online atau Taksi Online Inilah Tips Aman Traveling Menggunakan Transportasi Online :

1. Perhatikan Lokasi Penjemputan
Saat anda memesan Ojek Online atau Taksi Online melalui aplikasi di Ponsel Android, pastikan lokasi penjemputan sudah sesuai dengan titik lokasi pada aplikasi. terkadang lokasi penjemputan bisa menyulitkan akibat lokasi anda tidak sesuai dengan lokasi pada aplikasi, biasanya terjadi karena sinyal GPS ponsel anda sedang dalam kondisi lemah. demi faktor keamanan, tentukan lokasi penjemputan di tempat yang ramai serta mudah di temukan. bukan di tempat yang di larang parkir atau di gang yang sulit di temukan. sampai saat ini, di beberapa kota di indonesia, Ojek Online dan Taksi Online tidak pernah mau melakukan penjemputan di dalam Bandara. saya juga tidak tahu mengapa setiap saya memesan Ojek Online Dan Taksi Online saat sedang di bandara, para Driver selalu enggan untuk menjemput. biasanya mereka menyarankan saya untuk berjalan kaki terlebih dahulu keluar dari area Bandara.

2. Siapkan Uang Receh Untuk Pembayaran Secara Tunai
Salah satu kemudahan menggunakan jasa transportasi Ojek Online dan Taksi Online adalah biaya yang transparan. saat kita memesan melalui aplikasi dengan mengisi lokasi penjemputan serta tujuan pengantaran maka biaya transportasi yang harus di bayar langsung tertera pada aplikasi. terdapat beberapa metode pembayaran seperti menggunakan kartu kredit, sistem Topup serta pembayaran tunai. mungkin tidak ada masalah jika anda menggunakan metode pembayaran dengan Kartu Kredit dan sistem Topup. namun jika ada masih menggunakan cara lama yaitu pembayaran tunai, anda harus menyiapkan uang tunai dan lebih baik jika uang pas. beberapa kali terpaksa saya harus merelakan kembalian saya sebagai Uang Tips karena saat membayar tunai, Driver tidak memiliki uang kembalian.

3. Lakukan Pembatalan Segera Jika Driver Terlalu Lama
Terakhir saat saya sedang traveling di kota bandung tepatnya di sekitar Jl. Dr. Ehrlich No. 7 Cihampelas dan menginap di Excellent Seven Boutique Hotel Cihampelas Bandung

Baca : Pengalaman Menginap Di Airy Rooms Excellent Seven Boutique Hotel Cihampelas Bandung

Pada jam 04.30 WIB saya memesan Taksi Online dari aplikasi Uber Taksi. ketika sudah terhubung dengan salah satu driver Uber Taksi, ternyata muncul keterangan di Aplikasi bahwa saya harus menunggu karena Driver yang terhubung sedang mengantar penumpang lain. kemudian langsung saya batalkan pemesanan taksi online tersebut melalui aplikasi dan saya melakukan pemesanan ulang. kembali saya terhubung dengan Driver Uber Taksi yang lain dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu. saat itu memang saya sedang terburu-buru karena harus mengejar penerbangan pagi hari jam 06.00 WIB pesawat Bandung-Makassar.

4. Pastikan Nomor Kendaraan Sama Dengan Yang Tertera Pada Aplikasi  
Salah satu pertimbangan saya memilih menggunakan jasa Ojek Online dan Taksi Online adalah keterbukaan identitas. karena saat kita terhubung dengan Driver pada pemesanan di aplikasi, maka Foto Profil Driver, Nomor Kendaraan Driver dan Reputasi Driver semua terpampang jelas pada aplikasi. saya selalu memperhatikan kesamaan antara wajah Driver dengan Foto Profil di aplikasi dan kesamaan Nomor Kendaraan Driver dengan Nomor Kendaraan yang tertera pada aplikasi. jika semua sama. maka saya tidak ragu lagi, namun jika berbeda, saya akan membatalkan pesanan. namun selama ini, belum pernah saya menemukan perbedaan wajah dan nomor kendaraan saat menggunakan jasa Ojek Online dan Taksi Online. para Driver juga ramah serta melayani dengan baik.

5. Bagikan Rute Perjalanan Anda
Saat sedang dalam perjalanan, saya selalu memantau perjalanan saya melalui aplikasi untuk menghindari rute yang berbeda serta hal lain yang tidak di inginkan. saya juga selalu membagikan status perjalanan saya kepada keluarga saya melalui facebook agar keluarga saya juga mengetahui perjalanan saya sehingga mereka bisa segera melacak saya jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. waspada itu penting demi keamanan diri. ingat, antara anda dan driver, belum pernah mengenal sebelumnya. fitur berbagi rute selalu ada di tiap aplikasi pemesanan Ojek Online dan Taksi Online. tekan opsi Share Status. Seketika informasi nama driver, foto,nomor plat kendaraan, dan lokasi anda akan terekam di facebook.

Demikianlah Tips Aman Traveling Menggunakan Transportasi Online. sekali lagi saya ingatkan, bahwa waspada itu perlu sebagai tindakan pencegahan. karena saat Traveling, kita akan selalu bertemu serta berinteraksi dengan orang-orang yang belum pernah kita kenal dan belum pernah bertemu sebelumnya. waspadalah. 

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon