3 Februari 2016

Wisata Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton

Wisata Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton. secara tidak sengaja bisa mampir di Gua yang menurut saya sangat unik. karena letaknya tepat di sisi kanan ruas jalan Kelurahan Wakangka, Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara.

Rencananya saya ingin mengunjungi salah satu Air Terjun di kecamatan Kapontori. namun karena letaknya jauh di dalam hutan dan kondisi tidak memungkinkan karena saya membawa anak saya yang berusia 3 Tahun, akhirnya saya dan beberapa rekan memutuskan untuk singgah dan menikmati suasana Bendungan Kapontori yang terletak sekitar 500 Meter masuk ke dalam areal kebun warga dari ruas jalan utama kelurahan Watumotobe Kecamatan Kapontori.

Setelah singgah beberapa jam di Bendungan Kapontori, rekan saya yang memang warga  kelurahan Watumotobe Kecamatan Kapontori mengajak saya dan rekan dari BauBau untuk mengunjungi Wisata Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton.

Wisata Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton bisa di tempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 3 jam dari kota BauBau Pulau Buton. kalau menggunakan angkutan umum, sepertinya Anda bisa menyewa mobil travel. karena sarana transportasi dari kota BauBau menuju Wisata Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton belum begitu maksimal.

Wisata Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton masih berada di area kawasan Hutan Lambusango. kabar yang beredar Wisata Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton di temukan saat ada proyek pembuatan atau pelebaran jalan.

Wisata Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton tampak begitu alami. namun kesan saat saya masuk ke dalam Gua Liang Kamoi, terkesan penuh misteri. sehingga saya tidak mengijinkan Istri saya yang kebetulan ikut Traveling untuk masuk ke dalam Gua Liang Kamoi bersama anak saya yang masih berusia 3 tahun. karena saya merasakan hawa yang berbeda.

 Info dari rekan saya yang memang warga asli kelurahan Watumotobe Kecamatan Kapontori, dulunya Gua Liang Kamoi di pergunakan oleh warga sekitar untuk bersembunyi dari kejaran Tentara Belanda saat jaman penjajahan dahulu.

Gak kebayang kondisi Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton pada Jaman Penjajahan dulu. pasti sangat sulit di tembus dan di temukan oleh Tentara Belanda. karena saat ini, kondisi di sekitar Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton masih di kelilingi Hutan dan perkebunan warga sekitar.

Masih info dari rekan, Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton terdapat lorong sempit yang bisa di lalui oleh hanya satu orang saja karena ukuran lorong Gua yang sempit. dan jika lorong sempit ini di ikuti akan berujung pada sisi Bukit yang lain. Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton berada di area perbukitan.

Tapi secara keseluruhan Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton sangat bagus dan alami. wajib anda kunjungi jika sedang berada di Pulau Buton.

Menjelang pulang, saya sempatkan berpose bersama rekan dari Kota BauBau Pulau Buton dengan latar belakang kondisi ruas jalan Gua Liang Kamoi Kota BauBau Pulau Buton yang masih sangat sepi, hanya sesekali warga melintas menggunakan kendaraan bermotor.



Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon