Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Sejarah Masjid Agung Al Karomah Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

Pada perjalanan kali ini, saya sedang berada di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. dan pada suatu Maghrib saya memutuskan untuk Shalat Maghrib di Masjid Agung Al Karomah yang terletak di Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Lokasi Masjid Agung Al Karomah sangat strategis yaitu di tepi jalan utama Jalan A. Yani.

Lokasi Google Maps

Martapura merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Banjar dan pada masa lalu, Martapura merupakan pusat dari Kerajaan Banjar dan menjadi saksi 12 sultan yang memerintah. 

Saat masa Kerajaan Banjar, Masjid di fungsikan selain sebagai tempat ibadah, juga menjadi tempat untuk dakwah sekaligus merupakan benteng pertahanan para pejuang melawan penjajah Belanda. 

Sejarah menyebutkan bahwa setelah peristiwa pembakaran Kampung Pasayangan serta Masjid Martapura, maka mulai di bangun Masjid yang lebih besar pada Tahun 1280 Hijriyah atau 1863 Masehi.

Masjid Agung Al Karomah Martapura sebelumnya bernama Masjid Jami Martapura. berdasarkan sejarah masa lalu, panitia pembangunan Masjid ini adalah HM. Nasir, HM. Taher (Datu Kaya), HM. Afif (Datu Landak). susunan kepanitiaan pembangunan Masjid Agung Al Karomah di bawah pengawasan dan didukung oleh Raden Tumenggung Kesuma Yuda dan Mufti HM Noor.

Perlu di ketahui bahwa di dalam bangunan Masjid Al Karomah sampai saat ini masih dapat ditemukan dan dilihat struktur utama Masjid Jami Martapura yang tidak dibongkar, sehingga dapat dilihat sebagai bukti sejarah mulai berdirinya Masjid Agung Al Karomah Martapura Kabupaten Banjar.

Jika di lihat dari struktur bangunan Masjid Agung Al Karomah, bentuk Masjid Agung Al Karomah Martapura mengikuti Masjid Demak Buatan Sunan Kalijaga.

Sampai artikel ini di tulis, Masjid Agung Al Karomah sudah mengalami tiga kali renovasi. namun ada yang menarik yaitu empat tiang Ulin yang menjadi Saka Guru peninggalan bangunan pertama Masjid masih dipertahankan di tengah puluhan tiang beton yang menyebar di dalam Masjid. 

Dan di dalam Masjid Agung Al Karomah terdapat Mimbar yang berumur lebih satu abad sampai sekarang masih di fungsikan.

Berikut ini, adalah Video YouTube Masjid Agung Al Karomah Martapura :

Masjid Agung Al Karomah Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan merupakan Masjid terbesar di Kalimantan Selatan dan menjadi saksi sejarah dari perjalanan Agama Islam di Kalimantan Selatan.

Posting Komentar untuk "Inilah Sejarah Masjid Agung Al Karomah Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan"