Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Sejarah Kuliner Pecel Sayur Yang Berusia Lebih Dari 1000 Tahun Dan Ada Juga Di Kalimantan Selatan

Semua orang pasti sudah pernah makan Kuliner Pecel Sayur. kuliner Pecel secara garis besar terdiri dari aneka sayuran seperti Daun Pepaya, Daun Bayam, Kacang Panjang dan Tauge yang di rebus kemudian di siram dengan Sambel Pecel.

Biasanya Pecel Sayur di santap bersama Nasi atau Lontong. Pecel Sayur adalah Kuliner Asli Indonesia yang ternyata sudah sangat melegenda.

Saat saya sedang berada di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, ada juga Penjual Pecel Sayur di daerah Loktabat Utara di Kecamatan Landasan Ulin. masuknya Kuliner Pecel di Daerah Kalimantan, kemungkinan besar di bawa oleh para Perantau dan Transmigran dari Pulau Jawa. anda juga bisa melihat di video YouTube berikut ini :

Kuliner Pecel Sayur ternyata berasal dari Pulau Jawa. berdasarkan informasi dari Situs goodnewsfromindonesia menulis bahwa Pecel sudah ada sejak Abad ke 9. ciri khas Kuliner Pecel harusnya ada campuran Kembang Turi.

Berikut ini adalah foto penampakan Kembang Turi yang harusnya ada di dalam menu Pecel.

Kuliner Pecel di sebut sudah ada sejak Abad ke 9, karena tertuang dalam Kakawin Ramayana yang di tulis pada Abad ke 9 pada era Mataram Kuno atau Mataram Hindu. pada saat itu, berada di bawah kepemimpinan Raja Rakai Watukura Dyah Balitung (898 - 930 M)

Kuliner Pecel juga di tulis pada Prasasti Siman dari Kediri Jawa Timur yang di tulis pada Tahun 943 Masehi. dalam Prasasti Siman di sebut bahwa kuliner Pecel terbuat dari aneka sayuran yang di rebus dan di sajikan dengan bumbu rempah. 

Dan Kuliner Pecel juga di sebut serta di tulis pada Kitab Jawa Populer yaitu Serat Centhini yang di tulis pada Tahun 1800.

Kuliner Pecel Sayur merupakan Makanan Jawa Kuno yang tetap bertahan sampai saat ini.

Posting Komentar untuk "Inilah Sejarah Kuliner Pecel Sayur Yang Berusia Lebih Dari 1000 Tahun Dan Ada Juga Di Kalimantan Selatan"