Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara Yang Pertama Tahun1964

 

 

Awalnya saya secara tidak sengaja pada saat sedang berada di daerah Kota Lama Kendari, melihat sebuah bangunan Rumah yang tampak tua serta sudah mengalami beberapa kerusakan.

Namun ternyata, Rumah tersebut merupakan Rumah Bersejarah sebagai Rumah Jabatan Gubernur pertama Sulawesi Tenggara serta bangunannya merupakan peninggalan Jaman Penjajahan Belanda sebagai Rumah yang di sebut Pesanggrahan Belanda.

Nama Gubernur Pertama Sulawesi Tenggara adalah Bpk. J. Wayong pada Tahun 1964. 

Lokasi Rumah Jabatan Gubernur Pertama Sulawesi Tenggara ini memang tidak ada Di Google Maps,  namun berikut adalah titik terdekat dari lokasi bangunan bekas Rumah Jabatan Gubernur Pertama Sulawesi Tenggara dengan mengacu pada Titik sebuah Mess Matahari yang tepat berada di samping bangunan bekas Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara yang pertama, berikut titik Maps :

Bangunan bekas Rumah Jabatan Pertama Gubernur Sulawesi Tenggara ternyata memiliki nilai sejarah, karena sebelum di gunakan untuk Rumah Jabatan, ternyata bangunan ini adalah bekas peninggalan Penjajah Belanda dan nama asli dari bangunan ini adalah Pesanggrahan Belanda.

Saat saya berkunjung ke Lokasi Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara yang pertama, saya juga membuat Video kondisi Rumah ini. berikut adalah Video Sejarah Rumah Jabatan Pertama Gubernur Sulawesi Tenggara Tahun 1964 Bangunan Bekas Peninggalan Penjajah Belanda :

Saat ini kondisi bangunan bekas Rumah Jabatan Pertama Gubernur Sulawesi Tenggara tampak rusak berat, meskipun arsitektur bangunan masih bertahan. hanya atap yang runtuh.

Dan ternyata pada bagian depan bangunan bekas Rumah Jabatan Pertama Gubernur Sulawesi Tenggara, masih menggunakan atap Kayu Sirap dan atap ini sudah ada sejak bangunan ini masih menjadi Pesanggrahan Belanda.

Kayu Sirap adalah kayu langka yang saat ini keberadaanya sudah sangat sulit di temukan.

Posting Komentar untuk "Sejarah Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara Yang Pertama Tahun1964"