Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peninggalan Bersejarah Di Kota Kendari Misteri Pilboks Di Depan Kantor TVRI Kota Kendari

 Beberapa kali saya melintas di depan Kantor TVRI Kota Kendari yang terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 71 Kelurahan Bende Kecamatan Kadia Kota Kendari, namun saya tidak menyadari keberadaan sebuah bangunan bersejarah peninggalan Jaman Jepang dan Jaman Belanda pada masa penjajahan di Indonesia.

 
Saya malah menyangka jika bangunan kokoh berbentuk silinder besar di depan Kantor TVRI Kota Kendari adalah sebuah beton saja. 
Setelah mencari informasi di internet mengenai Peninggalan Bangunan Bersejarah di Kota Kendari, ternyata tembok beton berbentuk silinder besar di depan Kantor TVRI Kota Kendari adalah Pilboks yang berfungsi sebagai bangunan untuk pengintaian dan penembakan musuh.

Menurut saya PilBoks ini bukan bangunan bersejarah yang tersembunyi karena letaknya pas banget di tepi jalan dan dekat sekali dengan Trotoar, sehingga sembari lewat berkendara juga tampak jelas. namun memang belum banyak yang tahu bahwa bangunan PilBoks di depan Kantor TVRI Kota Kendari merupakan Bangunan Bersejarah peninggalan Jepang Dan Belanda.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan di internet melalui sebuah situs lokal ZonaSultra, terdapat artikel yang menjelaskan bahwa Pilboks berbentuk silinder dengan ukuran garis tengah 2.43 m, lingkar silinder 7.70 m, tebal 33 cm. sedangkan ketinggian dari Pilboks bersejarah peninggalan jaman jepang dan belanda di depan Kantor TVRI Kota Kendari tidak di ketahui secara pasti karena sebagian besar bangunan tertibun tanah serta tertutup akar. konon kabarnya bahwa permukaan Pilboks di depan Kantor TVRI hanya sekitar 50 Persen saja, sedangkan bangunan Pilboks yang lain berada di dalam tanah.

Pada Pilboks depan Kantor TVRI Kota Kendari terdapat dua lubang intai dengan ukuran lebar 60 cm, tinggi 28 cm dan ketebalan 22 cm.

Info yang saya dapatkan dari internet memang tidak terlalu spesifik apakah bangunan PilBoks depan Kantor TVRI Kota Kendari atau di Jalan Jendral Sudirman Kota Kendari ini merupakan Peninggalan Jaman Jepang atau Jaman Penjajahan Belanda serta fungsi dari PilBoks ini untuk penembakan atau pengintaian.

Kondisi Pilboks depan Kantor TVRI Kota Kendari memang tidak banyak di ketahui oleh warga sekitar karena lokasinya yang pas banget di sampig Trotoar Jalan serta tidak ada keterangan apapun. sehingga banyak orang yang belum tahu jika Pilboks di depan Kantor TVRI Kota Kendari, hanyalah bangunan biasa saja.

Keberadaan Pilboks depan Kantor TVRI Kota Kendari sempat saya rekam dan video bisa anda lihat di Channel YouTube Deni Anggoleta

Posting Komentar untuk "Peninggalan Bersejarah Di Kota Kendari Misteri Pilboks Di Depan Kantor TVRI Kota Kendari"