27 Oktober 2018

Inilah Sejarah Hari Blogger Nasional Yang Di Peringati Setiap Tanggal 27 Oktober

Tanggal 27 Oktober 2018 menjadi hari yang istimewa bagi para Blogger di indonesia, karena hari tersebut adalah perayaan Hari Blogger Nasional. bahkan pada perayaan Hari Blogger Nasional kali ini, hastag #HariBloggerNasional menjadi trending topik di urutan kedua pada jejaring sosial twitter

Sejarah perayaan Hari Blogger Nasional di indonesia untuk pertama kalinya di peringati pada tanggal 27 Oktober 2007. Hari Blogger Nasional pertama kali di canangkan oleh Menteri Komunikasi Dan
Informatika RI, Muhammad Nuh pada tanggal 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger
tahun itu.
Pesta Blogger adalah ajang pertemuan para Blogger se-indonesia. dan seiring berjalan sang waktu, Pesta Blogger tidak hanya sekedar ngumpul para Blogger Indonesia, namun unsur bisnis juga mulai menjadi topik pada Pesta Blogger.
 
Pesta Blogger kemudian menjadi sebuah wadah diskusi bagi para Blogger Indonesia untuk bisa mulai mengelola Blog lebih serius lagi serta mampu menghasilkan Content yang lebih bermanfaat, dan para Blogger di harapkan mampu menjadikan Blog mereka sebagai sumber penghasilan. atau dalam istilah Blogger adalah Monetize Blog.
Monetize Blog adalah melakukan suatu usaha atau metode untuk mendapatkan uang atau penghasilan melalui Blog. apalagi saat ini generasi milenial perlahan mulai meninggalkan aktivitas Blogging serta lebih memilih menjadi YouTuber karena tergiur dengan penghasilan yang lebih besar.

Menghasilkan uang dari Blog memang bukan sesuatu yang mudah. apalagi saat ini para pengguna internet atau Netizen cenderung lebih suka menonton ketimbang membaca. oleh karena itu, konten video YouTube jauh lebih menarik perhatian di bandingkan postingan Blog. saya juga sangat menyadari hal itu. meskipun menurut saya, seorang Blogger juga bisa lebih kreatif dengan beralih menjadi YouTuber tanpa harus meninggalkan Blog mereka. jadikan video youtube yang di unggah sebagai salah satu materi pendukung konten Blog. sehingga Blog menjadi lebih menarik lagi dan pengahsilan juga akan meningkat.

Blog adalah singkatan yang di ambil dari web log. web log sendiri berarti aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang di muat sebagai posting pada halaman web umum. dan karena postingan artikel pada Blog tersusun berdasarkan waktu penayangan, maka web log atau Blog lebih mirip seperti Buku Diary Online.

Media Blogger pertama kali di perkenalkan oleh situs penyedia blog gratis yaitu Blogger.com milik PyraLab, yang pada tahun 2002 Blogger.com di akusisi oleh Google. situs Blogger.com bahkan sampai hari ini masih menyediakan layanan gratis bagi siapa saja yang ingin membuat sebuah Blog. dan karena Blogger.com adalah milik Google, maka para Blogger yang menggunakan layanan Blog Gratis di Blogger.com juga bisa menghasilkan uang dengan mengikuti program Google Adsense. salah satu Blog yang menggunakan Google Adsense sebagai sumber penghasilan utama adalah Blog saya sendiri yaitu denianggoleta.com

Bahkan yang sangat menarik, meskipun nge-blog di situs Blogger.com gratis namun alamat Blog gratisan bisa di ubah menjadi alamat Blog yang lebih profesional dengan menggunakan tekhnik Custom Domain. contohnya Blog saya yang semula memiliki alamat denianggoleta.blogspot.com kemudian saya ubah menjadi denianggoleta.com menggunakan tekhnik Custom Domain.

Blog menjadi populer di indonesia salah satunya adalah karena banyak orang yang kemudian menjadi kaya serta terkenal dengan hanya hobi menulis Blog. salah satu Blogger sukses di indonesia adalah Raditya Dika. kesuksesan dan popularitas Raditya Dika berawal dari menjadi pemenang ajang Blog Award And The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat.

Salah satu kunci sukses menjadi seorang Blogger adalah konsisten. kebanyakan Blogger di indonesia hanya menjadikan Blog mereka sebagai iseng belaka. sehingga jarang update artikel serta tema Blog tidak jelas. padahal jika Blog di kelola dengan serius serta fokus, maka Blog tersebut akan sangat berpotensi menjadi sumber penghasilan. bahkan saat ini, sudah banyak Blogger di indonesia yang menjadikan Blog mereka sebagai penghasilan utama, dan mereka di sebut juga full time blogger.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari sebuah Blog, faktor utama yang harus di tentukan adalah Topik yang akan di bahas pada Blog itu sendiri. pilihlah Topik atau pokok bahasan Blog yang spesifik. topik bisa bermacam-macam misalnya tutorial bisnis, resep masakan, traveling, artikel bisnis dan sebagainya. topik terbaik adalah topik yang sesuai dengan bakat dan minat si pemilik Blog itu sendiri. misalnya anda hobi memasak, mengapa anda tidak membuat Blog tentang resep masakan sesuai dengan hobi anda.

Faktor kedua adalah konsisten dalam menulis artikel atau postingan Blog. artikel Blog merupakan bagian dari Blog yang sangat penting. Blog yang jarang update artikel pasti akan sepi pengunjung karena mereka menganggap bahwa si penulis Blog tidak serius. jika pengunjung Blog selalu mendapatkan artikel yang baru, maka mereka berpotensi akan menjadi pengunjung yang loyal. bahkan mereka biasanya akan dengan sukarela membagikan atau share artikel anda di akan sosial media mereka, ini adalah sarana promosi gratis dan sangat bermanfalinkat bagi perkembangan Blog anda.

Faktor ketiga setelah Blog anda fokus terhadap satu topik bahasan serta artikel Blog anda selalu update maka yang harus anda lakukan adalah melakukan promosi atau memasarkan Blog anda. mulailah dengan rajin membagikan link artikel Blog anda di akun sosial media, bergabung dengan group facebook yang memiliki topik bahasan yang sama dengan Blog anda serta mulai memperluas jaringan pertemanan online dengan para Blogger lainnya untuk ajang diskusi dan silaturahmi.

Jika semua faktor penunjang kesuksesan Blog sudah anda lakukan, bersiaplah untuk mulai menjadikan Blog anda sebagai mesin penghasil uang. cara menjadikan Blog sebagai sumber penghasilan anda, akan saya ulas pada artikel selanjutnya.

Hari ini para Blogger di seluruh indonesia sedang memperingati Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2018. semoga masa depan seluruh Blogger indonesia semakin sukses dan menjadi influencer untuk kebaikan demi indonesia lebih baik.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon