29 Oktober 2018

Inilah Bahaya Menyalakan HP Di Kabin Pesawat Saat Dalam Penerbangan

Meskipun selalu di peringatkan oleh kru pesawat, namun setiap dalam penerbangan saya selalu mendapatkan penumpang yang tidak menghiraukan betapa berbahaya menyalakan HP di pesawat yang sedang dalam posisi terbang.
Penumpang pesawat yang sengaja menyalakan HP atau ponsel mereka dengan berbagai alasan seperti main game, nonton film, mendengarkan musik dan sebagainya, mereka tidak sadar betapa yang mereka lakukan sungguh akan mengancam jiwa seluruh penumpang lain.

Saya pribadi sangat merasa kesal jika melihat penumpang asik bermain HP dalam kondisi penerbangan dengan ketinggian ribuan kaki. saya berharap kedepannya kru pesawat lebih tegas lagi dengan para penumpang yang masih saja menyalakan HP maupun perangkat elektronik saat dalam penerbangan.

Seperti di kutip dari situs liputan6.com inilah bahaya menyalakan HP di pesawat yang sedang dalam posisi terbang.

Larangan menggunakan HP atau ponsel di dalam pesawat sudah sejak lama di berlakukan oleh seluruh maskapai di dunia. dan secara tegas, seluruh penumpang pesawat harus mematuhi aturan untuk mematikan ponsel mereka saat berada di dalam kabin pesawat.

Dan selalu saat pesawat akan melakukan tinggal landas, pramugari berkali-kali memperingatkan agar seluruh perangkat elektronik serta ponsel agar di matikan karena akan mengganggu navigasi penerbangan serta komunikasi pilot dengan pihak bandara.

Alasan keselamatan penerbangan menjadi faktor utama mengapa setiap penumpang harus mematikan ponsel maupun perangkat elektronik mereka. karena pesawat terbang akan mengudara dengan ketinggian lebih dari 10.000 kaki. sehingga jika dalam ketinggian yang luar biasa itu, jika ada ponsel yang masih menyala aktif di dalam pesawat maka akan berpotensi memantulkan sinyal dari beberapa menara operator seluler yang di lewati oleh pesawat serta mampu mengirimkan sinyal yang jauh lebih kuat dan ini sangat membahayakan penerbangan.

Masalah yang kerap terjadi adalah bahwa sinyal ponsel akan mengganggu pilot saat dalam fase kritis yaitu ketika pesawat lepas landas dan mendarat. karena pada saat tersebut maka pilot pesawat membutuhkan konsentrasi penuh dalam menngendalikan pesawat, sehingga jika ada ponsel yang masih menyala di dalam pesawat maka akan menimbulkan bunyi yang mengganggu pilot terutama saat berkomunikasi dengan Air Traffic Controller atau ATC.

Beberapa pilot bahkan menceritakan pengalaman mereka saat menerbangkan pesawat betapa transmisi ponsel yang aktif di dalam kabin pesawat mampu mengganggu pada radio komunikasi pesawat. dan jika gangguan ini terus berulang maka berpotensi sang pilot akan melewatkan panggilan radio penting dari Air Traffic Controllers.

Meskipun tidak menimbulkan bahaya secara langsung terhadap pesawat, akan lebih baik jika kita mengikuti aturan yang di berlakukan dengan tidak mengaktifkan HP atau ponsel serta perangkat elektronik yang lain saat berada di dalam kabin pesawat. semua ini demi keselamatan seluruh penumpang dan kru pesawat.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon