22 Agustus 2018

Cara Cerdas Menyiapkan Dana Qurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun Depan

Hari ini tepatnya pada tanggal 22 Agustus 2018 kita sedang merayakan Hari Raya Idul Adha 1439 H. dan saya ucapkan selamat kepada semua umat muslim yang merayakan'nya.

Ada banyak makna yang bisa kita petik pada setiap perayaan Hari Raya Idul Adha yang sering di sebut juga dengan Hari Raya Qurban. pada Hari Raya Idul Adha, umat muslim yang memiliki kemampuan secara materi akan melakukan Qurban berupa memotong hewan ternak seperti kambing dan sapi.

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban sendiri memiliki makna yaitu arti Qurban adalah dekat dalam bahasa arab qarib. atau secara luas pengertian Qurban adalah upaya mendekatkan diri kepada Allah.

Sedangkan makna lainnya adalah bahwa Hari Raya Idul Adha adalah Hewan Sembelihan. hewan sembelihan yang di potong atau di sembelih, tentunya di atur dengan tata cara Qurban menurut hukum islam. kemudian hewan sembelihan tersebut akan di bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam hal ini adalah para fakir dan miskin. pembagian hewan sembelihan kepada masyarakat yang membutuhkan memiliki makna sosial  yang mendalam.

Sudah sepantasnya sebagai umat muslim kita harus meniatkan dalam hati kita untuk bisa berQurban. jika tahun ini belum terlaksana karena belum ada dana, kita masih memiliki kesempatan di tahun berikutnya yaitu pada Hari Raya Idul Adha 1440 H yang secara prediksi kalender nasional akan jatuh pada tanggal  11 Agustus 2019 atau pada 10 Dzulhijjah 1440 H

Jika kita sudah menanamkan niat dari saat ini yaitu pada pada tanggal 22 Agustus 2018 atau Hari Raya Idul Adha 1439 H maka untuk menuju 11 Agustus 2019 atau pada 10 Dzulhijjah 1440 H kita masih memiliki waktu sekitar 12 bulan lamanya untuk mempersiapkan dana Qurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun Depan.
Tadi pagi setelah selesai shalat ied berjamaah di lapangan terbuka, saya melihat papan reklame di depan kantor Inisiatif Zakat Indonesia yang bertuliskan daftar harga hewan Qurban yaitu untuk daftar harga ternak kambing dan sapi. setelah saya melihatnya, ternyata untuk Qurban memang di butuhkan dana di atas 2 jutaan, atau tepatnya kambing di harga 3 jutaan, sapi untuk 7 orang di harga 1.5 juta dan sapi untuk 1 orang di harga 10.5 juta.

Bagi sebagian orang, dana Qurban tersebut di atas memang terasa besar. sebenarnya, menurut saya gak terlalu besar sich. karena faktanya banyak orang yang mampu kok beli ponsel android dengan harga jutaan rupiah. semua memang tergantung niat. biasanya kalau untuk urusan sedekah, banyak orang yang berat mengeluarkan hartanya.

Di sini saya akan mencoba berbagi tips mempersiapkan Dana Qurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun Depan yang masih ada waktu selama 12 bulan.

Baik saya ilustrasikan saja jika pada Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun Depan kita akan berqurban 1 ekor kambing dengan harga 3 jutaan, atau anggap saja jika harga kambing 1 ekor tahun depan naik menjadi 4 jutaan. dan karena masih ada waktu selama 12 bulan maka :

1. Cara Cerdas Menyiapkan Dana Qurban perbulan
Satu ekor kambing harga 4 jutaan : 12 bulan maka perbulan kita perlu menyisihkan uang penghasilan kita = Rp. 334.000

2. Cara Cerdas Menyiapkan Dana Qurban perhari
Satu ekor kambing harga 4 jutaan : 365 hari maka perhari kita perlu menyisihkan uang penghasilan kita = Rp. 11.050

Coba fikirkan, jika kita melakukan Cara Cerdas Menyiapkan Dana Qurban seperti contoh di atas, maka pada Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun Depan kita semua mampu menunaikan ibadah Qurban yang memiliki keutamaan dari segi sosial dan pahala.

Islam adalah agama yang indah. islam senantiasa mengajarkan kepada kita untuk dapat hidup lebih sejahtera. islam sangat menganjurkan umatnya untuk memiliki prinsip bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. perbanyak sedekah, tanamkan niat hanya untuk mencari keberkahan dari Allah agar hidup menjadi lebih bahagia dunia dan akhirat.


Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon