4 Juni 2017

Menikmati Kopi Robusta Asli Gunung Tanggamus Lampung Di Campur Gula Aren Murni

Gunung Tanggamus merupakan sebuah gunung yang terletak di kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Gunung Tanggamus merupakan gunung tertinggi ke dua di Provinsi Lampung setelah Gunung Pesagi.

sumber : Wikipedia Gunung Tanggamus

Gunung Tanggamus yang memiliki ketinggian 2.000 Meter atau sekitar 6.800 kaki, ternyata merupakan konsentrasi Perkebunan Kopi Robusta terbesar dan terbaik di Provinsi Lampung. ribuan hektar perkebunan Kopi Robusta ada di sekitar lembah Gunung Tanggamus yang memang memiliki tekstur tanah yang subur dan cocok bagi pertumbuhan Kopi Jenis Robusta.
Seperti di ketahui bersama bahwa Provinsi Lampung memasok sekitar 70 persen dari total biji kopi yang di ekspor ke luar negeri. sedangkan 40 persen biji kopi jenis robusta di hasilkan dari perkebunan di Gunung Tanggamus Provinsi Lampung.

Masyarakat Desa di sekitar lembah dan kaki Gunung Tanggamus memang sudah kental sekali dengan budaya Ngopi. tiada hari di lalui tanpa secangkir kopi. iklim yang dingin serta udara yang sering berkabut membuat aktivitas Ngopi oleh para warga menjadi lebih nikmat.

Ada satu fenomena Ngopi yang cukup melekat dengan budaya warga setempat. salah satunya ada di Desa Purwodadi kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Lampung. para warga gemar menikmati secangkir Kopi di campur dengan Gula Aren murni. Gula Aren adalah jenis Gula Merah yang di hasilkan dari proses pengolahan Air Nira yang di sadap dari Pohon enau atau Aren liar. kegemaran mengkonsumsi secagkir Kopi Gula Aren sudah di lakukan oleh warga Desa Purwodadi sejak dahulu kala dan turun temurun.

sumber foto : facebook Yatno Berent

Untuk menikmati Kopi Gula Aren sebenarnya sangat mudah. hanya tinggal menyiapkan secangkir kopi pahit dan Gula Aren yang di iris tipis atau di potong dadu. ada dua cara menyantapnya. yang pertama Gula Aren yang di iris tipis langsung di masukkan dalam secangkir kopi dengan tingkat kemanisan sesuai selera. yang kedua Gula Aren di potong dadu dan di taruh dalam piring kecil, setelah menyeruput Kopi pahit kemudian menggigit Gula. cara yang kedua lebih banyak di lakukan oleh para warga Desa Purwodadi.
 sekilas terkesan biasa. namun faktor utama yang membuat Kopi Gula Aren Tanggamus menjadi nikmat luar biasa di karenakan Bubuk Kopi Robusta yang di gunakan berasal dari Olahan Biji Kopi robusta terbaik serta kualitas ekspor. sedangkan Gula Aren yang di gunakan sebagai pemanis merupakan Gula Aren murni yang berasal dari olahan Air Nira Pohon Aren liar di sekitar Gunung Tanggamus. fakta ini saya temukan setelah saya berbincang dengan beberapa warga sembari Ngopi di beranda teras rumahnya di iringi sajian pisang goreng serta menghisap rokok keretek asli tanggamus. kondisi iklim pegunungan yang dingin, semakin membuat aktivitas Ngopi terasa luar biasa nikmatnya.

Dan ternyata, saat ini ada warga yang mulai memasarkan Bubuk Kopi Robusta Asli Tanggamus Lampung dan Gula Aren Murni Dari Gunung Tanggamus. perdagangan online ini di lakukan oleh seorang ibu rumah tangga di Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dengan memanfaatkan situs jual beli Tokopedia dan Bukalapak.

Untuk bisa Menikmati Kopi Robusta Asli Gunung Tanggamus Lampung Di Campur Gula Aren Murni yang luar biasa nikmatnya, anda bisa memesan langsung di situs Tokopedia dengan nama Toko Online afiQamart




Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon