Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Benteng Keraton Buton Benteng Terluas Di Dunia

Masih di kota Baubau Pulau Buton saya menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata Benteng Keraton Buton Benteng Terluas Di Dunia.

Inilah foto dari depan Benteng Keraton Buton

Lokasi Benteng Keraton Buton masih di dalam kota BauBau sehingga sangat mudah di temukan dan tidak terlalu jauh. oleh karena itu, dari atas Benteng Keraton Buton kita bisa menyaksikan pemandangan kota BauBau dan lalu lintas kapal di selat Buton yang merupakan jalur sibuk.

Benteng Keraton Buton merupakan objek wisata bersejarah sehingga di beberapa lokasi di dalam Benteng Keraton Buton terdapat peninggalan yang masih menyimpan misteri seperti :

Jangkar Tua Benteng Keraton

Lubang Besar di Masjid Agung Keraton Buton
 
Benteng Keraton Buton pada masa lalu merupakan ibukota Kesultanan Buton. Benteng Keraton Buton memiliki arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur/gunung.

beberapa mitos beredar di masyarakat bahwa untuk melekatkan susunan batu bangunan Benteng Keraton Buton pada masa lalu menggunakan putih telur. namun mitos ini di bantah oleh Pemandu Wisata Benteng Keraton Buton yang memberikan informasi saat saya ngobrol bersama mereka bahwa untuk melekatkan batu menggunakan campuran antara rumput laut, batu karang dan batu kapur serta beberapa media lain dari alam.
Benteng Keraton Buton mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia ( MURI ) dan Guiness Book Record yang dikeluarkan bulan september 2006 sebagai benteng terluas di dunia dengan luas sekitar 23,375 hektare.
Di beberapa titik sekitar Benteng Keraton Buton saya temukan meriam peninggalan dulu kala. dan jika di lihat, pada masanya Benteng Keraton Buton merupakan pertahanan yang sangat baik bagi gempuran musuh.

Pulau Buton saya rasakan masih banyak menyimpan misteri dari masa lalu. salah satunya adalah Misteri Benteng Keraton Buton Benteng Terluas Di Dunia.

Posting Komentar untuk "Misteri Benteng Keraton Buton Benteng Terluas Di Dunia "