Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Bangunan Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan Yang Sangat Megah Sejak Tahun 1956

Keberadaan Balai Kota Banjarbaru, menjadi sebuah bangunan Pusat Pemerintahan Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan yang memiliki nilai sejarah perkembangan Kota Banjarbaru.

Bangunan Balai Kota Banjarbaru didirikan pada tahun 1956. bentuk arsitek Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan memiliki nuansa Bangunan Belanda kuno.


Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan adalah hasil dari rancangan seorang Arsitek Belanda yang bernama Van der Pijl.

Saat melakukan pembangunan Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, Van der Pijl mengajak serta seorang kontraktor pemborong bernama Raden Pandji Soeparto, saat ini nama Raden Pandji Soeparto di jadikan nama jalan di samping Balai Kota Banjarbaru.

Keberadaan Balai Kota Banjarbaru sejak awal memang dirancang sebagai Kantor Pemerintahan Provinsi Kalimantan menggantikan Kota Banjarmasin.

Ide dan usulan untuk menjadikan Balai Kota Banjarbaru sebagai Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan berasal dari Gubernur Kalimantan Dr. Murdjani.

Usulan dari Gubernur Dr. Murdjani disetujui oleh Presiden Republik Indonesia, Soekarno. yang kemudian dilakukan peletakan batu pertama bangunan Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan oleh Gubernur Wilono pada 31 Maret 1956.

Dalam pembangunan Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, Arsitek Van der Pijl fokus pada kualitas, di mana kemudian sehingga Balai Kota Banjarbaru memiliki konstruksi bangunan yang sangat kokoh.

Diantaranya, pernah Van der Pijl melakukan uji ketahanan bangunan dengan cara memalu pondasi bangunan Balai Kota Banjarbaru saat pertama kali di bangun.

Salah satu keunggulan dari Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan adalah menjadi bangunan terbesar dan pertama di Kalimantan yang memiliki ruang bawah tanah atau underground.

Keberadaan Bangunan Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan juga sangat mirip dengan Kota Tua di Jakarta.

Saat ini keberadaan Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan telah menjadi ikon sejarah Kota dan menjadi pusat keramaian di Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Posting Komentar untuk "Sejarah Bangunan Balai Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan Yang Sangat Megah Sejak Tahun 1956"