Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Rute Menuju Air Terjun Ulunese Permandian Ulunese Di Desa Ulunese Kolono Timur Sulawesi Tenggara

Sebenarnya emang udah lama saya penasaran dengan keberadaan Air Terjun Ulunese yang berada di Desa Ulunese Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Saya pertama kali mengetahui keberadaan Air Terjun Ulunese dari Instagram dengan pencarian menggunakan Hastag #wisatakendari #wisatasultra dan #wisatakonsel dan pada waktu itu sempat kepikiran untuk Solo Backpacker menuju Air Terjun Ulunese.

Dan akhirnya pada awal Bulan September 2021 saya berkesempatan menuju Air Terjun Ulunese Desa Ulunese Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, bersama beberapa Sahabat Perjalanan Kendari.

Secara keseluruhan, jarak dari Kota Kendari menuju Air Terjun Ulunese Sulawesi Tenggara adalah sekitar 100 KM dengan titik awal Lippo Plaza Kendari. berikut ini adalah Rute Google Maps dari Lippo Plaza Kendari menuju Air Terjun Ulunese :

Ada dua rute yang biasa di tempuh untuk menuju Air Terjun Ulunese dari Kota Kendari.

1. Rute pertama yaitu Melalui Jalan Poros Kendari - Moramo Utara dan Jalan Poros Amolengu

2. Rute kedua yaitu melalui Jalan Poros Amolengu 

Dari dua rute tersebut di atas, rute yang paling singkat adalah rute pertama yaitu Melalui Jalan Poros Kendari - Moramo Utara dan Jalan Poros Amolengu dengan total jarak yaitu 92 KM dan waktu tempuh selama 2 jam saja.

Pengalaman saya pada perjalanan menuju Air Terjun Ulunese dari Lippo Plaza Kendari berangkat sekitar jam 6.30 sore selepas maghrib melalui rute Jalan Poros Kendari - Moramo Utara dan Jalan Poros Amolengu dan sampai di Desa Meletumbo sekitar jam 8.30 malam atau perjalanan 1,5 jam.

Selanjutnya saya bermalam di rumah mertua salah seorang Sahabat Perjalanan Kendari, dan rumah mertuanya berada di sebelah Bakso Latansa Jl. Poros Amolengu, Meletumbo, Kolono, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara 93395 atau Letak Lokasi Google Maps Bakso La Tansa sebagai berikut :

Keesokan harinya sekitar jam 9 pagi saya bersama Sahabat Perjalanan Kendari melanjutkan perjalanan dari Desa Meletumbo menuju Air Terjun Ulunese dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Kondisi saat itu hujan seharian sehingga sesampainya di Desa Ulunese sebagai gerbang terakhir menuju Air Terjun Ulunese kondisi basah dan hujan.

Dari Desa Ulunese menuju Air Terjun Ulunese saya bersama Sahabat Perjalanan Kendari harus mengendarai motor sekitar 1 KM masuk ke dalam kebun warga dengan kondisi jalan tanah yang becek dan berlumpur. karena motor yang saya kendarai adalah motor matic, maka beberapa kali sempat saya selip di jalan dan tergelincir. kemudian setelah melewati jalan licin tanah sejauh 1 KM sampailah saya di tepi sebuah sungai dan perjalanan tidak bisa di lanjutkan kembali dengan motor.

Motor selanjutnya saya parkir di tepi sungai, kemudian perjalanan menuju Air Terjun Ulunese di lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 0.5 KM dalam kondisi hujan. berikut ini adalah Video YouTube perjalanan saya lengkap dari Kota Kendari menuju Air Terjun Ulunese :

Sesampainya di Air Terjun Ulunese, hujan sempat berhenti dan saya bersama Sahabat Perjalanan Kendari beristirahat sejenak. kondisi Air Terjun Ulunese berada di dalam perkebunan warga dan bersebelahan dengan Kawasan Hutan Margasatwa Tanjung Peropa. Air Terjun Ulunese sebenarnya menurut saya bukanlah Air Terjun. hanya berupa Sungai Dalam atau Lubuk dan kondisinya sangat jernih serta alami.

Kurang lebih sekitar 3 jam berada di lokasi Air Terjun Ulunese Desa Ulunese Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, kemudian saya memutuskan untuk pulang ke Kota Kendari. sempat mampir di Desa Meletumbo untuk Shalat Ashar kemudian langsung pulang ke Kota Kendari. sampai di Kota Kendari sekitar Jam 6 sore.

Perjalanan kali ini menuju Air Terjun Ulunese Desa Ulunese Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara memang sungguh melelahkan di tambah cuaca hujan sepanjang hari. namun saya mendapatkan banyak sekali pengalaman terutama merasakan bisa menginap di Desa Meletumbo yang menurut saya masih sangat sepi sekali.

Posting Komentar untuk "Inilah Rute Menuju Air Terjun Ulunese Permandian Ulunese Di Desa Ulunese Kolono Timur Sulawesi Tenggara"