19 Juli 2018

Inilah Resep Ayam Bakar Lezat Istimewa Dengan Sambal Kecap Pedas Manis

Kali ini saya akan berbagi pengalaman memasak ayam bakar lezat istimewa yang di padu dengan sambal kecap pedas manis yang menggugah selera, serta menu pendamping sup ayam pedas bumbu lada.
Kebetulan memang sedang ada waktu luang. dan untuk lebih mengakrabkan diri dengan tetangga kost, saya ajak mereka untuk membuat ayam bakar lezat istimewa dengan sambal kecap pedas manis dan tak lupa menu pendampingnya adalah sup ayam pedas bumbu lada. traveling kali ini memang agak lama, sehingga saya memutuskan untuk menyewa tempat kost daripada tinggal di hotel. untuk lebih menekan budget.

Saya memang lebih suka menyantap ayam broiler atau ayam potong ketimbang ayam kampung. ayam potong menurut saya dagingnya lebih empuk serta memiliki banyak lemak. dan ayam potong lebih mudah di temukan baik di pasar tradisional maupun di pasar swalayan.
Karena memang saya bukan jago memasak, maka dalam beberapa menu yang saya olah saya lebih mengandalkan bumbu instan. dan pengalaman saya, di balik setiap bumbu instan selalu ada saran penyajian. jika saran penyajian kita ikuti dengan baik, percayalah bahwa anda akan menghasilkan masakan yang tidak kalah enaknya. kali ini, karena saya tidak menemukan bumbu instan ayam bakar, maka alternatif saya gunakan bumbu instan ayam goreng. hasilnya sama aja kok.
Potong ayam dalam ukuran kecil agar cepat masak, masukkan ke dalam wajan kemudian tuangkan air secukupnya dan panaskanlah di atas kompor selanjutnya masukkan bumbu instan. masak sampai bumbu meresap ke dalam setiap potongan ayam. dan biarkan air mendidih sampai habis.
Tahap selanjutnya adalah ayam yang sudah di rebus dengan bumbu instan kemudian di bakar di atas bara api. saya lebih suka membakar ayam ataupun ikan di atas bara yang terbuat dari arang kayu. karena jika menggunakan tempurung kelapa, bara cenderung tidak tahan lama serta menimbulkan asap yang tebal dan mengganggu orang-orang di sekitar.
Saat melakukan proses pembakaran, sesekali lumuri ayam bakar dengan minyak yang sudah di campur dengan bawang putih serta bawang merah yang di haluskan. sehingga rasa ayam bakar lebih nikmat berselera. proses pengolesannya bisa menggunakan batang sereh yang sedikit di memarkan. maka aroma sereh akan bercampur dan semakin menambah rasa nikmat ayam bakar.
Untuk sambal, kali ini saya memadukan ayam bakar dengan sambal kecap pedas manis. membuat sambal kecap pedas manis sangat mudah. cukup iris tipis cabai rawit, bawang merah serta tomat kemudian campur menjadi satu dan tuangkan kecap secukupnya.
Ayam bakar lezat istimewa dengan sambal kecap pedas manis sudah siap di santap. namun untuk menambah menu kali ini menjadi lebih spesial, saya manfaatkan tulang-tulang ayam yang tersisa menjadi Sup Ayam Pedas Bumbu Lada.
Dan masih menggunakan bumbu instan, kali ini saya coba mengolah sup ayam pedas bumbu lada. setelah tulang ayam di bersihkan serta di tambah kulit ayam yang berlemak agar kuah sup semakin gurih, maka panaskanlah air di atas kompor untuk mulai memasak sup ayam pedas bumbu lada.
 Proses memasak air atau kaldu sup ini adalah yang pertama panaskan panci di atas kompor kemudian tuangkan sedikit minyak goreng dan setelah minyak goreng panas, masukkan bawang putih yang sudah di cincang halus. ketika bawang putih cincang halus yang di tumis di atas kompor sudah cukup harum, maka masukkan air bersih secukupnya dan tunggu sampai air mendidih.
Setelah air mendidih, masukkan bumbu instan yaitu royco rasa ayam serta bubuk lada instan secukupnya. biarkan air terus mendidih kemudian masukkan kulit serta tulang ayam dan masak sampai benar-benar matang.
Akhirnya sajian ayam bakar lezat istimewa dengan sambal kecap pedas manis serta menu pendamping yaitu sup ayam pedas bumbu lada sudah siap di nikmati. untuk membuat menu seperti ini, tidak di butuhkan biaya yang mahal serta lebih terjamin kebersihannya dan higenis karena memasak sendiri. dan yang paling utama, bisa di santap bersama untuk lebih menumbuhkan persahabatan.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon