13 Juni 2018

Tips Parkir Motor Aman Dari Pencurian Bagi Para Urban Traveler

Berkeliling Kota untuk menikmati suasananya atau berburu kuliner khas memang lebih simpel jika menggunakan kendaran motor. terutama untuk menembus jalanan kota yang rawan macet. selain itu, sewa kendaraan motor lebih murah di bandingkan jika harus rental mobil.

Pengalaman saya saat Traveling di beberapa Kota yang sibuk serta rawan macet seperti Jakarta, Bandung, Surabaya serta Yogyakarta, saya lebih memilih sewa motor. memang sekarang sudah ada Ojek Online seperti Go-Jek atau Grab. namun agak ribet juga jika harus naik turun Ojek Online saat harus menyambangi beberapa Destinasi dalam kota. jika membawa kendaraan motor sendiri, lebih bebas dan apabila di kalkulasikan, biaya transportasi saat Urban Traveling lebih murah.

Namun yang harus di perhatikan saat Berkeliling Kota dengan membawa kendaraan bermotor adalah soal keamanan. karena Kendaraan Motor rawan pembegalan serta pencurian, terutama di beberapa Kota di Indonesia yang memiliki tingkat kriminalitas cukup tinggi atau rawan pencurian serta pembegalan kendaraan motor.

Untuk kasus pencurian motor, biasanya kerap di lakukan oleh para penjahat di lahan parkir motor. oleh karena itu, di perlukan Tips Parkir Motor Aman Dari Pencurian Bagi Para Urban Traveler, sehingga wisata keliling kota anda tetap aman dan nyaman.

Terutama bagi anda Traveler yang menyewa motor untuk berkeliling kota, bisa jadi anda adalah target utama para penjahat itu. alasannya, anda adalah orang baru di kota tersebut dan belum terlalu mengenal seluk beluk kota yang anda sambangi. atau juga, ada ulah oknum tertentu yang membocorkan data anda kepada para penjahat, bahwa anda sedang berkeliling kota dengan motor sewaan. bukannya mau curiga, namun waspada tetap lebih baik untuk menghindari berbagai macam hal buruk yang tidak anda inginkan saat sedang berkeliling kota dengan motor sewaan.

Berikut adalah Tips Parkir Motor Aman Dari Pencurian Bagi Para Urban Traveler  :

1. Parkir Motor Aman di tempat parkir motor resmi
Saat anda memarkirkan motor di tempat parkiran resmi, tentu motor anda akan berada di tempat yang relatif aman. dengan dukungan petugas parkir yang terlatih, petugas keamanan serta di lengkapi dengan karcis parkir yang jelas. meskipun jika anda baca pada syarat serta ketentuan parkir motor yang tertulis pada karcis parkir, mereka menyebutkan bahwa tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan motor. jadi sejatinya, jika kita memarkir motor di tempat parkir seperti kita membayar sewa tanah untuk memarkir motor kita. meskipun tidak seratus persen aman, parkir motor di tempat parkir resmi, peluang motor anda di curi lebih kecil di bandingankan jika parkir motor di lahan parkir liar.

2. Parkir Motor Aman dengan kunci tambahan
Kendaraan bermotor secara keseluruhan memang di lengkapi dengan pengaman yaitu kunci stang atau kunci stir. namun, kebanyakan pencuri motor sudah bisa menembus keamanan itu dengan menggunakan kunci T misalnya. di butuhkan pengaman tambahan untuk motor yang di parkir. saya selalu menggunakan pengaman tambahan untuk tiap motor yang saya parkir. saya menggunakan Gembok kualitas terbaik yang saya pasangkan pada cakram. kemudian roda belakang motor saya gembok rantai dan di kaitkan pada Shock motor. meskipun Gembok juga dapat di tembus oleh para pencuri motor profesional, namun dengan tambahan ekstra Gembok, akan memperlambat proses pencurian motor anda. bisa jadi, para pencuri akan Syock duluan melihat keamanan berlapis motor anda dan kemudian mencari sasaran yang lain.

3. Parkir Motor Aman dengan mengunci stir dan stir di arahkan ke kanan
Melakukan penguncian stir motor dengan posisi stir mengarah ke kanan di luar kebiasaan, maka posisi stir akan menutupi lubang kunci motor. hal ini tentunya akan menyulitkan serta memperlambat para pencuri motor saat hendak membobol motor menggunakan kunci T.

4. Parkir Motor Aman dengan menggunakan helm biasa dan tidak terlalu bagus
Ada beberapa spesialist penjahat jalanan kota yang memfokuskan diri untuk mencuri helm yang di tinggalkan begitu saja di atas motor saat parkir. saya sendiri jika memarkir motor lebih suka meletakkan helm begitu saja di atas kaca spion. namun saya memiliki tips tersendiri agar helm tidak di ambil oleh pencuri. saya sengaja menggunakan helm yang biasa saja dan tidak mahal. karena para pencuri helm biasanya hanya akan mencuri helm yang memiliki nilai jual tinggi. mereka akan mengabaikan helm yang di tinggalkan para pemiliknya di atas motor yang tidak terlalu bagus dan cenderung bekas. meskipun ini tidak menjamin helm butut juga akan aman jika di tinggalkan. karena para pencuri helm butut biasanya mereka yang kepepet tidak membawa helm dan untuk menghindari razia petugas kepolisian di jalan raya. tetapi tingkat kehilangan helm yang bekas atau butut di area parkir, tetap lebih kecil.

6. Parkir Motor Aman dengan tidak meninggalkan barang berharga di dalam bagasi motor
Jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam bagasi motor. meskipun tampak aman, beberapa pencuri terkadang membobol bagasi motor dan berusaha mencari barang berharga. bahkan pada beberapa kasus, hal ini di lakukan oleh para petugas parkir sendiri. saya pribadi pernah kehilangan Camera Digital yang saya simpan di dalam bagasi motor. dan memang karena kelalaian saya sendiri yaitu meninggalkan kunci kontak motor dan tergantung begitu saja karena lupa setelah membuka bagasi motor.

7. Parkir Motor Aman dengan tidak meninggalkan kunci kontak karena lupa
Kasus ketinggalan kunci motor dan menempel begitu saja saat membuka bagasi motor adalah hal yang kerap terjadi. saya sendiri pernah beberapa kali mengalami hal ini. untung saja, saya selalu memarkir motor di parkiran resmi. sehingga kunci motor kemudian di amankan oleh para petugas parkir. bayangkan jika anda meninggalkan kunci kontak motor begitu saja di parkiran liar dan di suatu kota yang rawan. saya jamin, motor anda atau motor sewaan anda akan segera raib oleh para penjahat jalanan.

Ingat bahwa kita harus selalu waspada terutama saat sedang berada di perjalanan. jangan pernah lengah. karena penjahat senantiasa mengincar kelalaian kita. mereka cenderung akan lebih memilih target para Traveler yang menurut mereka adalah orang baru serta mudah untuk di perdaya. oleh karena itu, tetap jaga diri dan jaga kondisi. jangan sampai kita menjadi korban kejahatan,

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon