15 Mei 2017

Kopi Lampung Asli Jenis Robusta Ternyata Berasal Dari Gunung Ini !

Kopi Lampung memang sangat pantas dan layak di nobatkan sebagai kopi terbaik di indonesia. Kopi Lampung yang banyak di budidayakan oleh para petani kopi di Provinsi Lampung adalah jenis Kopi Robusta.
 Istilah Robusta berasal dari kata Robust yang berarti kuat. istilah ini memang menggambarkan kualitas dan cita rasa Kopi Robusta yang memiliki keunggulan pada aroma kopinya yang kuat dan mantab.  bahkan penikmat Kopi Lampung sejati menyatakan jika rasa Kopi Lampung jenis Robusta cenderung beraroma coklat.
Salah satu perkebunan Kopi Lampung jenis robusta yang terbesar dan terluas ada di Kabupaten Tanggamus Lampung. nama Tanggamus sendiri di ambil dari nama Gunung Tanggamus (2.100 mdpl) tempat kabupaten itu berada. Perkebunan kopi memenuhi kaki hingga lereng gunung yang memiliki hutan lumut di puncaknya itu.

Dan faktanya bahwa 40 persen dari total hasil panen Kopi di wilayah Provinsi Lampung di kontribusi oleh perkebunan Kopi Lampung jenis Robusta yang ada di areal Gunung Tanggamus. Kopi Lampung jenis Robusta yang berasal dari Gunung Tanggamus Lampung memang kualitas terbaik dan merupakan komoditi ekspor. hal ini di karenakan Pohon Kopi Lampung jenis Robusta tumbuh pada habitat sesungguhnya yaitu ditanam di atas ketinggian 600 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan di dukung oleh iklim gunung tanggamus yang dingin serta kesuburan tanah yang luar biasa.

Selama ini Kopi Lampung jenis Robusta memang lebih banyak di pasok ke Pabrik pengolahan dalam bentuk biji atau langsung di ekspor. namun ternyata beberapa petani di lereng Gunung Tanggamus mulai memproduksi sendiri dalam bentuk Bubuk Kopi Lampung jenis Robusta siap di konsumsi. para petani tersebut mengolah Biji Kopi Lampung jenis Robusta secara Home Industry.
Namun walaupun masih dalam skala Industri Rumah Tangga, soal kualitas jangan di ragukan lagi. karena Para Petani Kopi Lampung jenis Robusta di wilayah Gunung Tanggamus memang sudah pakar dalam mengolah Kopi dan memiliki resep tersendiri dalam mengolah biji kopi menjadi serbuk kopi siap di minum.

Salah satu Petani Kopi Lampung jenis Robusta yang mulai memasarkan produknya di Internet adalah Afiqa Coffe Lampung
Afiqa Coffe Lampung di kelola oleh seorang Ibu Rumah Tangga yang tinggal di Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Lampung. Desa Purwodadi Kecamatan Gisting adalah Desa terakhir yang merupakan gerbang untuk menuju lereng Gunung Tanggamus dengan ratusan Hektar perkebunan Kopi Lampung jenis robusta. Desa Purwodadi Gisting adalah lumbungnya Kopi Lampung Jenis Robusta kualitas terbaik.
Afiqa Coffe Lampung memang hadir untuk menyediakan Kopi Lampung jenis Robusta yang sesungguhnya. bubuk Kopi Lampung jenis robusta yang di tawarkan di internet memang nyaris tanpa merk namun untuk aroma, rasa dan kualitas jangan di ragukan. saya sudah merasakan dan produknya memang juara. Afiqa Coffe Lampung  menjual produk Kopi Lampung murni jenis Robusta dalam kemasan 500 Gram. untuk kualitas dan cita rasa memang tidak perlu di ragukan. karena saat ada pemesanan, biji Kopi Lampung jenis Robusta baru di proses dan di pack kemudian di kirim ke pemesan atau pelanggan. sehingga Kopi Lampung jenis Robusta yang di terima, nyaris masih Fresh.
Afiqa Coffe Lampung di backup oleh para penggoreng kopi profesional yang juga berprofesi sebagai petani kopi. selain menyediakan Kopi Lampung jenis Robusta Murni dalam bentuk bubuk, tersedia juga Kopi Lampung jenis Robusta dalam bentuk biji yang siap di goreng sangrai atau di panggang.

Saat ini Afiqa Coffe Lampung memiliki Lapak Online di tokopedia dan di shopee
para pencinta Kopi sejati, sepertinya wajib mencicipi Kopi Lampung jenis Robusta asli murni olahan dari Afiqa Coffe Lampung

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon