23 April 2016

Kue Putu Jajanan Khas Indonesia Sudah Ada Sejak Jaman Belanda

Waktu sedang jalan - jalan keliling kota gak sengaja ketemu sama Pedagang Kue Putu. dan sempat heran juga, karena ternyata masih ada yang menjual Kue Putu keliling kota dengan Gerobak.

Bicara soal Kue Putu, bagi saya ini adalah jajanan yang sangat langka serta klasik. karena jaman saya kecil dulu sekitar tahun 1990 -an, Kue Putu sudah ada.

Mengutip dari situs Wikipedia Kue Putu adalah jenis makanan Indonesia berupa kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan.

Para Pedagang Kue Putu biasanya akan berkeliling kampung untuk berjualan saat sore hari sampai larut malam. dengan suara yang khas berdegung akibat munculnya uap dari pengolahan Kue Putu yang menggunakan alat suitan yang terbuat dari tabung bambu. suara suitan ini sangat khas, dan ini merupakan ciri sekaligus sebagai alat promosi Pedagang Kue Putu. sehingga dari jarak jauh kita sudah bisa menebak bahwa pedagang Kue Putu sedang lewat.

Namun di era modern seperti saat ini, Pedagang Kue Putu banyak yang mengganti tabung bambu dengan pipa PVC dengan alasan kepraktisan, meskipun dari segi kesehatan penggunaan PVC membahayakan. jadi kamu kudu jeli juga jika sekarang menemukan Pedagang Kue Putu yang menggunakan pipa PVC, mending gak usah langganan.

Beberapa Blog juga menulis bahwa Kue Putu sudah ada sejak jaman penjajahan belanda. berarti udah tua banget umur Kue Putu di indonesia.

Kue Putu adalah Kue Khas Indonesia, biasanya berwarna hijau dengan di sajikan bersama parutan kelapa membuat rasa semakin khas. Sore ini di sudut kota saat sedang jalan - jalan sore, saya bertemu Pedagang Kue Putu dan memutuskan untuk membeli karena jujur, saya udah lama gak makan Kue Putu.

Travel Blogger Indonesia


EmoticonEmoticon