Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perjalanan Ziarah Ke Makam Ulama Persia Datu Bagul Di Desa Tungkaran Martapura Kalimantan Selatan

Salah satu wisata religi yang ada di Kalimantan Selatan adalah berziarah ke makam Datu Bagul. nama lengkap dari Datu Bagul adalah Syekh Aminullah bin Abdurrahman bin Ahmad.

Datu Bagul adalah seorang Ulama besar dari Persia (sekarang Iran) yang khusus datang merantau ke Martapura untuk berdakwah dan menyebarkan ajaran Agama Islam.


Perjalanan menuju Makam Datu Bagul, maka kita harus melintas jalan Desa Tungkaran arah Desa Keramat Baru Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Lokasi Google Maps Makam Datu Bagul

Perjalanan menuju ke Makam Datu Bagul tidak terlalu ramai dan cenderung sepi, karena melintasi perkebunan dan pertanian warga.

Berikut adalah rute Makam Datu Bagul dari Kota Banjarbaru titik awal Hypermart Loktabat :

Lokasi Makam Datu Bagul sangat jelas sekali karena ada papan penunjuk arah dan depan jalan masuk ada gerbang.

Posisi Makam Datu Bagul sangat dekat dengan makam Datu Bajanggut atau Syekh Umar Bin Yusup Bin Syech Abdullah Bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan).

Atau Datu Bajanggut adalah cucu Datu Kelampayan yang juga Ikut membangun
Mesjid Al Karomah Martapura bersama Datu Landak.

Pada jaman dahulu, Datu Bagul memang tinggal di Desa Tungkaran. Kapalnya merapat di desa yang dulunya ada danau luas dan tersambung ke sungai Martapura.

Menilik dari sejarah, Makam Datu Bagul adalah dulunya halaman pondokan beliau. Datu Bagul meninggal di usia 35 tahun.

Posting Komentar untuk "Perjalanan Ziarah Ke Makam Ulama Persia Datu Bagul Di Desa Tungkaran Martapura Kalimantan Selatan"